Jumat, 01 Januari 2021

Catatan Pengalaman Membuat PCB mulai dari PCB Amatir hingga PCB Profesional | PCBWay

Catatan Pengalaman Membuat PCB mulai dari PCB Amatir hingga PCB Profesional |PCBWay - Hobi elektronika Saya dimulai sejak saya masih kecil, saat itu saya sering melihat ayah yang suka bermain pemancar AM bersama rekannya, saya sering melihat secarik kertas yang sering dilihat nya yaitu sebuah gambar skema rangkaian pemancar AM tersebut, dari situlah mungkin tertanam ketertarikan tentang dunia elektronika.


Sejak sekolah smp sudah suka ngoprek elektronika, rakit merakit rangkaian Tape (Mekanik tape, pre am head, amplifier), mencoba berbagai rangkaian elektronika sederhana semisal rangkaian flip-flop 2 transistor, kemudian sesudah bekerja sekitar tahun 2004-an sudah mulai mengoleksi buku buku tentang elektronika, mencoba berbagai rangkaian-rangkaian yang menarik yang saat itu masih kebanyakan menggunakan transistor.


PCB dot matrix universal
PCB dot matrix universal.


Awalnya setiap praktek membuat rangkaian elektronika saya menggunakan pcb dot matrix universal standar transistor yang layoutnya digambar didalam sebuah buku, rangkaian yang saya buat waktu itu seingat saya adalah rangkaian flip-flop atau multivibrator astabil dan rangkaian multivibrator bistabil, rangkaian tersebut saya buat sekecil mungkin meskipun memakai pcb lubang dot matrix universal standar transistor, nah seiring berjalan waktu saya mulai beralih ke pcb lubang dot matrix universal standar ic dalam setiap praktek rangkaian - rangkaian elektronika sederhana lainnya dan sudah mulai mencoba membuat rangkaian yang agak lebih dari rangkaian sederhana sebelumnya.


Kelemahan membuat rangkaian pada pcb lubang dot matrix adalah boros nya penggunaan timah solder karena setiap jalur agar memiliki hasil yang rapih selalu diberi timah solder pada setiap titik lubang mengikuti jalur, nah dengan itu mulailah berpikir bagaimana cara membuat pcb sendiri kemudian saya mencoba mempelajari bagaimana membuat pcb tersebut dari berbagai buku yang saya dapat saat itu dan mulai mencari bahan semisal pcb polos dan ferric chloride, percobaan pertama dulu saya buat layout di pcb polos menggunakan spidol permanen dan hasilnya lumayan untuk ukuran belajar saat itu.


Banyak rangkaian yang saya buat menggunakan pcb home made tersebut hingga terkumpul setengah karung hasil experiment beberapa rangkaian elektronika yang disimpan digudang karena komponen nya digunakan kembali untuk keperluan pembuatan rangkaian baru.


Pada sekitar tahun 2015 saya coba beli netbook dan juga printer laser jet untuk keperluan mencetak pcb kemudian saat itu saya coba untuk membuat rangkaian softstart dan hasilnya cukup memuaskan, banyak rangkaian yang saya coba buat salah satunya adalah rangkaian running text atau scrolling text yang jalurnya lumayan banyak cocok untuk dicetak menggunakan printer laser tersebut dan seiring berjalannya waktu dan seringnya printer digunakan untuk membuat pcb, printer pun mulai ngadat untuk hasil cetaknya yang mulai ada sedikit bercak tapi memang masih bisa ditangani namum suatu waktu ketika akan mencetak rangkaian elektronika printer pun bener-bener ngadat dan tidak bisa mencetak dan ternyata setelah dicek kawat nikelinnya putus.


Hasil cetakan printer laser
Hasil cetakan printer laser. 

Hasil pelarutan ferric chloride
Hasil pelarutan ferric chloride.

Scrolling text buatan sendiri
Scrolling text buatan sendiri.

PCB buatan sendiri yang telah dilapisi timah
PCB buatan sendiri yang telah dilapisi timah.

Baca juga : Cara Melapisi Jalur PCB Dengan Timah Agar Tidak Mudah Korosi

Disamping daya printer yang cukup besar saya sebenarnya sudah malas memperbaikinya lagi namun tidak memutuskan semangat saya dalam hobi membuat rangkaian-rangkaian elektronika, untuk itu saya tetap berpikir bagaimana cara lain untuk membuat pcb dan akhirnya saya menemukan cara lainnya yaitu dengan cara mengikikis lapisan tembaga pada jalur pcb polos yang tidak diinginkan dengan menggunakan bor tangan dan penggaris yang hasilnya lumayan bagus hingga setiap akan membuat rangkaian cara ini yang saya lakukan.


Pcb home made
PCB yang dibuat dengan bor tangan & penggaris.

Pcb home made
PCB yang dibuat dengan bor tangan & penggaris.

Pcb home made
PCB yang dibuat dengan bor tangan & penggaris.

Pcb home made
PCB yang dibuat dengan bor tangan & penggaris.

Pcb home made
PCB yang dibuat dengan bor tangan & penggaris.

Pcb home made
PCB yang dibuat dengan bor tangan & penggaris.


Baca juga : Cara Lain(Alternatif) Membuat Sendiri PCB Tanpa Laser Printer dan Bahan Kimia.


Cara-cara diatas saya dokumentasikan kedalam sebuah blog yaitu blog ini dan untuk videonya saya upload kedalam sebuah channel youtube Fareed Clarity sebagai arsip atau kenangan dimasa depan bahwa saya pernah membuat rangkaian yang benar-benar berfungsi baik. Sesuai hobi saya, saya terus membuat rangkaian-rangkaian baru dan tentu saja di dokumentasikan meskipun pembuatan pcb nya dengan cara mengikikis lapisan tembaga menggunakan bor tangan seperti yang saya ceritakan tadi diatas.


Kumpulan pcb buatan sendiri
Kumpulan PCB buatan sendiri.

Pernah suatu saat mencoba beberapa kali memesan cetakan pcb ke perusahaan pembuatan pcb lokal namun kendalanya adalah jarak yang cukup jauh, harga, beserta waktu yang lumayan. Pernah juga ditawari untuk cetak pcb profesional oleh teman media sosial namun alasannya sama saja yaitu belum memiliki akses, baik pembayaran maupun lokasi keterjangkauan meskipun sangat ingin sekali merasakan pcb kualitas cetakan profesional. 

PCB produksi lokal
PCB produksi lokal.

Modul kontroler scrolling text
Modul kontroler scrolling text. 


Pada pertengahan tahun 2020 blog saya ini mendapatkan tawaran pcb profesional dari percetakan pcb terkemuka yaitu PCBWay, dengan rasa bahagia yang sangat tak terhingga saya terima tawaran tersebut dan saya coba mendesain sebuah layout yaitu minimum sistem atmega328 yang dilengkapi RTC DS3231, Bluetooth HC 05, buzzer dan konektor display P10, setelah saya terima dan paket saya buka alangkah senang nya saya bisa merasakan pertama kalinya desain pcb saya bisa dicetak oleh perusahaan percetakan pcb terkemuka sekelas PCBWay, kini proyek-proyek saya didukung dan disponsori oleh PCBWay


Kumpulan pcb cetakan dari PCBWay
Kumpulan pcb cetakan dari PCBWay.


Logo pada bagian bawah pcb
Logo pada bagian bawah pcb.

Baca juga : Cara Menampilkan Logo Atau Tulisan pada PCB Bagian Bawah atau Bottom Silkscreen

Mini Inverter 120W
Mini Inverter 120W.

LED Tachometer Arduino
LED Tachometer Arduino.

Low Voltage Disconnect (LVD)
Low Voltage Disconnect (LVD).

Controller scrolling text
Controller scrolling text.

LED Tachometer LM3914
LED Tachometer LM3914.


Sudah banyak desain pcb saya yang dicetak oleh PCBWay, banyak keuntungan yang saya dapatkan dari PCBWay karena PCBWay selain biaya cetak yang hanya $5 untuk 10 keping keping pcb prototipe ukuran maksimal 10x10cm kita bisa juga mendapatkan keuntungan lainnya, misalnya saat pertama kali daftar Akun PCBWay kita akan mendapatkan gratis biaya cetak $5 dan bisa mendapat kupon cetakan berikutnya dengan cara share project, jadi ketika kita membuat shareproject dan ada yang ingin mencetak pcb kita maka kita akan mendapat komisi kupon dolar yang bisa kita gunakan untuk mencetak pcb berikutnya, selain itu kita juga akan mendapat bonus yang bernama beans yang bisa kita tukarkan  menjadi berbagai macam modul seperti Arduino, raspberry, modul sensor-sensor, baju PCBWay, cetakan pcb, kupon diskon dan masih banyak lagi barang elektronik lainnya yang akan tersedia.


Daftar akun PCBWay
Silakan klik join untuk mendaftar.

Daftar akun PCBWay
Disini tempatnya.

Daftar gift PCBWay
Gift yang bisa ditukarkan di PCBWay.

Cara mendapatkan beans selain shareproject juga bisa dengan menjawab pertanyaan user lain juga dari pesanan cetakan pcb. Ada juga even even seperti even mid year sale, even natal dan tahun baru yang setiap even kita bisa mendapatkan hadiah dari diskon kupon pcb, lucky draw dan even share video youtube biasanya.


Lucky draw Christmas shopping festival 2020
Lucky draw PCBWay big sale Christmas shopping festival 2020. 

Dari even lucky draw biasanya dikasih 3x undian yang bisa kita dapatkan yang hadiahnya macam-macam mulai dari PCBWay beans, Amazon gift card, discount coupon, Arduino mega hingga drone DJI jika beruntung, dengan syarat pernah oder atau pesan pcb dari PCBWay.


ESP32 Development Board
ESP32 Development Board. 

Misalnya saya dari lucky draw even mid year sale saya dapat ESP32 DevBoard kit, pcb holder dan ruller PCBWay, kemudian lucky draw even natal dan tahun baru undian pertama dapat zonk, selanjutnya dapat kupon diskon $50 dan 200 PCBWay beans.


Pesanan cetakan pcb edisi natal saya mendapatkan gift berupa tiga buah gantungan edisi natal yang berhiaskan led kedap-kedip, namun sayangnya untuk gift pohon habis jadi yang dikirim dua boneka gingerbread. 


Gift dari PCBWay
Gift dari PCBWay.

Kamu juga pengen kan pcb keren seperti yang saya dapatkan dari PCBWay, jadi ayo segera kirimkan dan cetak desain pcb kamu ke PCBWay dan rasakan keistimewaan pcb berkualitas cetakan PCBWay. 


EmoticonEmoticon