Kamis, 18 Desember 2014

Charger otomatis untuk aki motor atau aki mobil - Auto cut off charger

Ada banyak jenis/macam charger yang beredar diinternet, mulai dari yang sangat simpel sampai yang paling rumit.

Namun disini saya akan membuat Cas aki otomatis cut off yang dirancang sangat sederhana agar mudah dirakit oleh siapa saja namun fungsional.


Dengan memakai rangkaian ini tidak perlu lagi khawatir pengecasan over karena jikalau tegangan pengecasan telah sampai batas yang ditentukan rangkaian maka rangkaian akan menghentikan proses pengecasan dengan otomatis.

Baca juga : Cas Aki Otomatis | Adjustable Automatic Charger

Jika tegangan aki menurun atau ingin memulai kembali pengecasan maka disediakan tombol untuk menghidupkannya. 

Untuk pemasangannya rangkaian terlebih dahulu disambungkan ke aki, baru ke catu daya(tegangan sumber), tujuannya ialah supaya tegangan yang di pantau rangkaian adalah tegangan aki pada saat itu. Apabila yang di hubungkan ke sumber daya dulu maka rangkaian langsung memutus tegangan karena rangkaian langsung mendeteksi tegangan sumber.

Rangkaian ini juga bisa mendeteksi aki yg sudah rusak atau kering elektrolitnya yaitu ketika rangkaian di beri tegangan sumber maka rangkaian langsung memutus tegangan!
Berikut rangkaiannya. 

Skema auto cutt off charger.

-Update: Dikarenakan yang membuat banyak yang sulit mencari transistor 2N5401 maka bisa diganti dengan transistor PNP sejenis misalnya A1015 dll, dan kebanyakan yang gagal membuat karena tataletak kaki ttransistor itu beda dengan yang umum dipasaran.



Kit yang sudah jadi dan test rangkaian.


Relay tampak dari atas.


Catatan:
*) Tanpa aki = LED HIJAU menyala.
*) Proses pengisian = LED MERAH menyala.
*) Aki penuh = LED HIJAU menyala. 


******************************************

Update! [Sept 2018]
Karena ada beberapa yang memang masih bingung dengan penggunaan Transistor jenis pnp dan juga ada yang kesusahan mencari zener 13V maka rangkaian sedikit diubah dengan fungsi yang masih sama. Dan pengaturan cut off masih bisa fleksibel berkat ditambahkannya trimpot. 


Transistor menggunakan jenis npn dan mudah ditemukan dipasaran, persamaan bisa memakai jenis npn yang lainnya seperti C945 dan lain-lain, begitu pun dioda zener menggunakan yang 12V. 

Simak Video tes,  kalibrasi dan penjelasannya berikut ini



Skema

Layout


Bottom layout

Download layout siap cetak format PDF



Rangkaian siap pakai



         Versi selanjutnya Cas Aki Otomatis


Untuk mencegah penggunaan baterai berlebih dibawah batas toleransi yang akan berdampak pada usia pakai baterai maka perlu ditambahkan rangkaian Low Voltage Disconnect(LVD).


Cek artikelnya disini

Beberapa testimoni :





183 Comments

Itu yg tulisan charge, nyambungnya kmn mas? kan gambar akinya udah ada sambungannya

Yang ada tulisan "charge" itu adalah dari sumber tegangan misalnya dari trafo yg telah diseařahkan
untuk skema penambahan trafo revisinya menyusul

Thanks gan.... Nambah ilmu nih... Hehehehe

Gan... Cara pasang relaynya gimana?

Relay: 2 pin untuk coil 3 pin untuk sakelar, satu pin coil dan pin CT disambungkan ke negatif, pin coil satunya lagi menuju resistor, NC(normally connected) ke aki NO(normaly open) ke lampu indikator hijau. Rasanya di skema juga jelas kok!

Kalau arus sumber 5 ampera bgmn gan?msih bisa ga rangkain ini dipakai?

Kalau arus sumber 5 ampera bgmn gan?msih bisa ga rangkain ini dipakai?

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Kaki koil relay yang mana ya gan....masih bingung

Bisa dan termasuk fast charging!

mas mau tanya kmrn rangkaianya mas fareed dah saya praktekan, tp stelah saya charge ke aki lampu merah n hijau kok nyala smua za,tp klo aki dilepas led hijau aja yg menyala... apa mungkin akinya dah rusak za mas.... tlg bimbinganya,trims

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Memang seperti itu, klo ingin ketika aki penuh hanya lampu hijau saja yg menyala maka tambahkan dioda opsional. Digambar diatas juga tampak LED merah menyala proses pengisian dan ketika penuh LED hijau juga menyala. Ketika tidak ada aki hanya LED hijau yg menyala.
Itu artinya rangkaian yg agan rakit berfungsi.

Cara pasangnya, hubungkan charger ke aki dulu baru charger hubungkan ke listrik sumber(PLN).

tp masalahnya,aki sbelum saya carger saya ukur 6 vdc trus saya charge led hijau & merah kok menyala ya... seharusya kan cm led merah aja yg menyala... trus dah tak kasih dioda optional hasilnya tetap aja mas fareed (led merah & hijau menyala) apa mungkin aki sudah soak za...

Relaynya bunyi gak? Kalau iya tambahkan elko reservoir 2200uF 25V setelah dioda bridge.

iza bunyi mas fareed, elco reservoir itu elco yg gmn mas fareed , biasa saya masih pemula,he3

rangkaian mas ni termasuk fast charger atau normal charger??

Elko reservoir lihat skema revisi 07.
rangkaian ini mendukung slow, normal dan fast charging tinggal kita memilih perlu yg mana? Jadi tergantung trafo yg digunakan!

berati klo saya pakai trafo 3 A itu termasuk pengisian fast ya,umpama klo saya pakai trafo 0,5 A berarti itu pengisian slow gt ya< mas fareed

Ya betul sekali kecepatan pengisian tergantung dari ampere trafo pengisian.

Mohon maaf komentar saya hapus karena mengandung link aktif

untuk pengisian aki 6 volt pny lampu emergency bs gak ni mas fareed...

Bisa, tapi zener dan relay harus diganti dengan yg sesuai tegngan aki supaya penuhnya sama dengan kapasitas akinya.

ooouw gt, oh za 1x pertanyaan lg aku masih bingung penempatan (TR) kaki emitor sesuai skema mas yg atas atau bawah... soalnya rangkaian saya,emitornya saya taruh bbawah jd saya seri ma resistor 100 ohm, apa itu dah benar....

Salah gan! Perhatikan skemanya, disitu Kaki Emitor(E) menuju positif sedangkan Collector(C) menuju Relay.
karena transistor yg digunakan adalah jenis PNP.

ooo gt ,soalnya saya lihat dari foto kit mas fareed yg udah jd, di situ transistor menghadap ke kapasitor 10mf,saya kira emitornya yg menuju ke resistor 100 ohm, oke klo gt makasih bgt atas ilmunya,
smoga sukses slalu mas fareed,amiiiiien....

Siiip mas inpitatif dan murah..

tolong kasih gambar penjaluran di kit yg sudah jadi mas,,,biar mudah saya nyonteknya,baru belajar blm bsa bikin jalur...

mas,boleh mnta almat emailny mas?soalny ada yg sya ingin tnya soal charger yg mas buat & untuk pnmbhan2 yg ingin sya gnkn mas.mksih sblumny

Klo ada pertanyaan silakan ditanyakan disini saja, biar yg lain juga bisa baca!

mas,tu cara pemasangan nya gimana?dari trafo ke rangkaian atau dihubungkan ke power supply 12v dlu! saya coba dari trafo ke rangkaian kok gak nyala?tolong pencerahannya mas!

Cara pasang : trafo-rangkaian-aki. Kalau mau cas sambungkan aki dulu baru colok ke listrik

klo pemasangan coil terbalik berpengaruh gk?

mas,kok chager punya saya led merah hidup saat aki tidak dipasang.padahal sdah bener rangkaiannya ?apakah bener nc relay di hubungkan ke led merah?

apa karena relay gak bekerja,mas?

ya Ms Fareed..kemaren sy da prakekin skema dr Ms Fareed..klo blum di pasang di aki terus di colokin di sumber tegangan..lampu hijau yang nyala dan dri outnya ga da tegangan ..kecuali klo da di hubungkan ke aki ya Ms Fareed.?

Ya memang seperti itu, jadi pemasangannya hubungkan ke aki dulu(lampu merah nyala), lalu colokan kelistrik,nanti kalau sudah penuh otomatis nyala lampu hijau!

Kalau dilepas ke aki lampu langsung hijau, kalau lampu hijau menyala otomatis keluaran gak ada tegangan!
Itu artinya rangkaian bekerja!

Ya memang begitu. Jadi cara pasangnya hubungkan ke aki dulu(lampu merah menyala) lalu colokan ke listrik. Kalau sudah penuh otomatis lampu hijau menyala dan tegangan ke aki terputus.

Kalau sedang ngecas, kabel ke aki dilepas maka langsung lampu hijau menyala begitupun kalau tidak disambungkan ke aki atau charger langsung dicolokan ke listrik maka lampu hijau akan langsung menyala, itu menandakan rangkaian bekerja normal!

nanya nih mas fareed... trapo saya 3a 18v tipe ct apakah bisa dipakai untuk rangkaian mas fareed..? yg saya liat tidak untuk tipe ct.. dan mohon bila ad rangkaian lain yg harus di tambahkan untuk trapo saya agar bekerja mas..

om saya mau tanya??.....
om itu bisa ga char selain aki MF trus trafo yang di pake jenis nya apa??
kalo pake trafo jenis CT bisa g om trus maximal amperenya berapa??
soalnya saya punya trafo 5 ampere jenis nya CT om...

.makasih om

Bisa, ambil dari 0V(CT) dan 18V saja

Aki MF(maintenance free), aki basah, aki mobil atau aki motor bisa karena fungsinya sebagai pemutus tegangan baterai jenis ini.
Trafo yg biasa digunakaan pada umumnya, trafo single maupun CT bisa karena yg diambil tetap single yaitu antara 0V atau CT dan 18V nya

Mas mw nanya
Itu maksudnya ac 1 sama ac 2 apa yg nyambung ke doida,,
Trus pos - neg nya gimana

Positif negatif yg nyambung ke dioda klo sya pake travo ct 3 amp

Itu relay 12V nya dikasih berapa amp mas?

oh gitu ya om
kalo bisa pake trafo yang jenisnya CT berarti dioda yang digunakan juga di ganti dong om??

maaf om saya mau tanya lagi ...:)
kemaren kan saya udh beli komponen2 yg di anjurin buat bikin rangkain yg om buat nah pas saya mau beli Dioda IN5404 eh ga ada!!!
yang ada malah Dioda IN5402 om, kalo dioda IN5404 saya ganti pake IN5402 bisa ga om??

mohon bantuanya :)
makasih :D

om saya udah praktekin smua instruksi yang om bilang
pas saya coba g pake aki bener idup cmn lampu ijo aja pas saya pasang ke aki lampu ijo mati yang merah idup om..
cman masalahnya udah saya char 2 jam lebih kok masih aja ya lampu ijo ga idup om apa mungkin rangkain yang saya bikin kurang pas om??
trafo yang saya pake jenis nya CT 5 A om...._

mohon bantuanya :)

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

gan tlg kirimi skema untuk 5 ampare sekalian komponen2 nya apa aj?
tlg kirim ke email f_put_ra @yahoo.co.id
sxn kasih no hp, tar kl berhasil wa kirimi pls gan

Ac1 sama ac2 nyambungnya ke trafo 0v dan 18v, bolak balik bebas

Kalau pake trafo ct yg digunakan hanya ct sebagai 0v dan 18v satu, 18v satunya lagi dibiarkan atau jangn dipake, semua nilai komponen gak perlu dirubah

Bisa, sama-sama 3a kok cuma beda tegangan aja

Tunggu aja sampai batas referensi tegangan cut off tercapai, pantau pakai avo digital, nanti juga kalau rangkaian bekerja akan off sendiri. Masalah lama pengecasan ya tergantung kondisi sama kapasitas aki itu sendiri, semakin besar kapasitasnya semakin lama proses pengecasannya.

Untuk keluaran 5A, skema tidak ada yg perlu dirubah hanya mengganti dioda kiprok dan dioda 1N540x dari asalnya 3A menjadi 5A

gan ini bisa ngga input nya dari panel surya / solar cell selain trafo ??

Bisa asalkan tegangannya bekisar antara 15-18V

udah saya control udh lebih dari batas tegangan masih aja ga mau cut of om..
cumn rangkaian di atas ada 3 komponen yang saya ganti om dari dioda kiprok saya ganti pake dioda yang 6 ampere saya pasang di trafonya soalnya saya pake trafo CT 5A om trus udah dioda saya pasang Elko 2200 mikro 25v soalnya kalo ga pke elko itu relaynya bunyi, relaynya saya pake 12v yang 10A trus sma dioda optional saya ganti pake dioda IN5402 om.., ni komponen saya ganti juga kepaksa saya nyari di toko elektro jg g ada

Oom mau nanya nee...
Kalau rangkaiannya sy pakai Travo yg 500mA utk ngecas aki Mobil yg 75 mAh (masalah waktu / lama pengecasan gak masalah)...

Bisa gak Oom

D3SBA bisa diganti dengan seri apa ya mas

D3SBA adalah dioda bridge 3A maka ganti dgn yg sejenis(3A juga)

saya ingin tanya mas.. saya punya battery 12 V, saya sudah punya charger battery nya.. kadang-kadang bermasalah dengan charger dan battery nya. saya pernah dengar kalau battery di charge terus lama-lama akan rusak. dulu pernah juga lepas pasang charge. tp saat charger di lepas battery sudah penuh dari 5 jam yang lalu. sedangkan di charge ketika battery sudah tidak bisa digunakan atau daya kosong. maksud saya ingin ingin memutus dan mengalirkan arus dari charger ke battery secara otomatis. jika daya battery sudah 100% maka charger akan stop mengecas, jika battry tinggal 20% maka charger kembali mengecas. dengan prisip rangkaian diatas apa bisa di aplikasikan dengan kebutuhan saya..

Rangkaian ini akan memutus tegangan ke baterai apabila baterai telah penuh, jadi apabila dipasang rangkaian ini udah gak perlu khawatir akan kelebihan tegangan atau overcharging, karena rangkaian ini akan otomatis memutusnya. Tinggal pasang lalu tinggalkan aja. Tapi untuk mengisi lagi rangkaian perlu direset. Karena ini rangkaian hanya untuk proses pengecasan, bukan untuk baterai yg selalu terpasang ke beban dan ke sumber tegangan seperti lampu emergensi.

@Bang Fareed,,
Saya sudah coba buat rangkaian ini, tapi gak mau cut off ya rangkaian nya,, padahal saya sudah charger seharian,, apa mungkin Aki punya saya sudah soak...

dan selain transistor diatas[2N5401], apa bisa diganti dengan TR PNP lain yang serupa,, bisa tolong disebutkan tipe berapa aja yang bisa untuk rangkaian ini..
soalnya ditempat saya susah cari transistor ini...

Untuk mengecek rangkaian sudah benar atau belum, ketika ngecas coba jumper kaki dioda zener keduanya, kalau relay langsung on alias cut of berarti rangkaian ok, tinggal perhatikan pemasangan zener, tapi kalau cara tadi masih tetap gak cut off berarti pemasangan transistor salah.

Untuk transistor silakan cari dari type yg berbeda dgn jenis yg sama yaitu PNP.
Misal A1015

iya mas, makasih atas jawabannya.

tapi mas, itu yang setelah Relay dikasih Dioda opsional, bukannya kalo pake dioda jadi gak ada beban, jadi menurut perkiraan saya kalo pake dioda gak akan cut-off, soalnya arus balik dari Aki terhalang oleh Dioda,, atau Mas Fareed udah tes pake Dioda..

Rangkaian sudah fixed, udah dicoba kok.
Pake dioda tetap bisa cut off namun lebih awal seprrti yg sudah dijelaskan dipostingan.
Fungsi dioda opsional diatas hanya untuk mematikan lampu merah setelah cut off.

Maaf mas saya mau tanya nich itu TRnya tipe apa ya dan no berapa,
input minimal dan maximal berapa mas ???
terima kasih

maaf satu lagi mas itu apa pengaruhnya jika diode zenernya di ganti yg 15v

Tr 2N5401 PNP atau sejenisnya.
400mA-3A, 15-18V

Mantap..... Praktis dan sederhana, untuk mengatasi relay bergetar pada saat cut off kira-kira perlu ditambah apa yah mas Fareed.... Terimakasih

dioda D3SBA bisa diganti dgn dioda biasa gak mas ?? mksd saya menggunakan 4 dioda sprti kbnyakan penyearah .

dioda bridge, sy bikin dari 4 dioda 1n5400, kok panas sekali ya mas? cara mengatasinya gmn?

Itu hal yg wajar sebab ini metode direct charging yg memang prosesnya langsung dari sumber menuju aki, bahkan jika harus mengisi aki yg kapasitasya besar yg memerlukan waktu pengecasan yg lama tidak hanya dioda akan tetapi trafonya juga sangat panas bisa jadi malah bahan plastiknya meleleh! Jadi rangkaian diatas hanya sebagai pemutus proses charging apabila sudah sampai dengan nilai yg diinginkan

Coba skema yg satunya lagi, yg pake ic

fungsi c1 dan r2 apa mas? tr pnp apa bisa diganti dengan npn?

fungsi c1 dan r2 apa mas? tr pnp apa bisa diganti dengan npn?

Mas, didaerah saya zener 13v susah, apa bisa diganti dengan yang lainnya?

Rangkaian sudah siap digunakan, baca keterangan diatas bahwa tanpa aki rangkaian akan langsung aktif

mas fareed saya udah buat sperti diatas,, kenapa ya relay nya berbunyi trus merah dengan hijaunya hidup , terima kasih sebleumnya

relaynya berbunyi ya mas hendra kalau Amper trafonya besar. 470ufnya di ganti atau di tambah 2200uf

mas,saya ada transfomer 12v,20 ampier,saya mau cut off aki 14,14v,brapa bisa saya guna perintangnya mas?

mas fareed, saya ada trafo 5 A rencananya saya mau membuat rangkaian diatas, untuk dioda optional untuk 5A apakah menggunakan 1N5405? tetapi setelah saya searching di google dioda 1n5405 adalah dioda 3 A. yang saya ingin tanyakan berapa dioda optional untuk output 5 A?

apakah ada yg sudah berhasil all

Iya betul, 1N540X adalah dioda 3A, kalau yg diinginkan 5A tinggal ganti aja dengan yg 5A jangan lupa dioda bridge juga yg 5A juga, bilang aja ke tokonya beli dioda 5A

mas fared apakah berhasil jika lampu hijau hidup aki ngak ada, kalau aki hidup merah akinya ngecas, tapi knapa ya cuma beberapa menit lampunya langsung hijau, apakah aki sudah penuh atau akinya rusak
terima kasih mas fareed , ada pin bbnya mas fared

Mas saya sudah bikin dan tes tp kok lampu hijau yg menyala, (presedur chargerx pasang battery trus onkan charger)

Mas untuk kaki tiga relay yang mana ? saya jadi bingung soalnya saya buat kaki tengah (kaki tiga) untuk CT. Mohon mas Fareed jelaskan kaki kaki relay diatas.Terima kasih

Mas itu led hpl 3 watt kalo di sambung ke aki 12 vol r nya brpa mas, dan yg 5 watt, tolong kasih tau mas makasih

Emailq mas. ikhwanul.mukminin49@gmail.com

Yap betul itu tandanya rangkaian sudah betul dan bekerja semestinya.
Jadi klo gak ada aki, lampu langsung hijau, kalau ada aki lampu charger merah menyala ketika sudah penuh hijau menyala, terus masalahnya kenapa lampu merah hanya sebentar lalu hijau? Itu karena memang tegangan aki sudah mencapai batas yg ditentukan oleh rangkaian, dan kemungkinan memang akinya sudah lemah atau memang sudah rusak.

yg laporan berhasil udah ada namun yg komentar disini kebanyakan yang memang menemukan kendala dalam perakitannya

sebenarnya gambar diatas udah jelas namun jika masih bingung saya jelaskan kembali, untuk yyg 3 kaki, pinggir keduanya untk koil sebangkan yg tengah untuk ct

Mau nanya mas, sy sdh lihat youtube yg di bagikan, chager capai 14,6 rilay sdh fungsi, seterusnya vol aki mulai turun sampe 12v lebih, keknya vol aki msh lemah, mau nanya klo chager sdh stop vol aki bisa capai 13,5-8 ganti ic mana? Mas

Mas, kapasitor 470uf & 10uf pake yg bera vol ya?, trus di rangkaian ada 2bh kapasitor tapi di foto kit yg di bagikan kok hanya 1bh ya?

maaf saya bikin rangkaiannya kok led hinjaunya tidak menyala ya pada hal masih hidup lednya

MAS, SAYA MAU TANYA, SY SUDAH COBA MERAKIT RANGKAIAN CHAS SESUAI DENGAN SKEMA YANG MAS KASIH, TAPI KOK PADA SAAT RANGKAIAN TIDAK TERHUBUNG DENGAN BEBAN, LAMPU HIJAU NGGAK ON, MALAHAN LAMPU MERAH YANG ON, DIMANAKAH LETAK PERMASALAHANNYA. YANG MAU SAYA TANYAKAN JUGA, KAKI INPUT RELAY DI HUBUNGKAN KEMANA??? DAN KAKI NC DAN NO NYA KEMANA???? SOALNYA MASIH BINGUNG LIHAT SKEMA RELAYNYA MAS????

sy sudah coba ikuti cara di atas mas, kok led green nya nggak on pada saat charger nggak di kasih beban (AKI}, malah lampu led merahnya yg on????

Mas pake travo 10 amp bisa apa gk

Mas pake travo 10 amp bisa apa gk

Kalau pakai tr npn bisa ndak mas

mas fareed kalo sumbernya tidak memakai bridge langsung pakai power supply 12vdc apa berpengaruh ?

Trimah kasih mas untuk skemanya..ini kan skemnya berfungsi sbagai pemutus apabila teg sudah smpai puncak..nah skarang sy mau tnya..ada ngga skema yg bisa sma2 berfungsi dgn alat ini
.apa bila teganngan batrei sdh trun sampai 11v dgn sndirinya bisa tersamabung/carging..soalnya sya mau pake arusnya dari solarcell..sblmnya terimakasih

mf mas minta bantuannya !ane udah bikin charger yg sesuai dngn skema mas fareed,smua dah beres yg jd masalah knp ko wktu aki dipasang trus arus listrik dipasang tp ga led merah yg nyala malah led hijau menyala jd mengecas aki ga masuk,apa sebebnya mas?mohon bantuannya !!!

mas ane lihat dari skema charging aki ,resistornya kan ada 3 buah yaitu 3k3, 1k5 dan 680um tapi ane liat di gambar mas yg udah jadi ko resistornya ada 4 buah gimana mas apa ada yg terlewat ????



aku dah sukses mrangkainya dan berfungsi dng baik...mantaaab makasih bro sekemanya.....

Ane udah bikin ini rangkaian dan 100% work . makasih om fareed read rangkaiannya . Cuma sharing aja tegangan input di C2 gak boleh lebih dari 15V . Dan cara penyambungannya adalah sambung ke aki dulu baru switch ON .

Ane udah bikin ini rangkaian dan 100% work . makasih om fareed read rangkaiannya . Cuma sharing aja tegangan input di C2 gak boleh lebih dari 15V . Dan cara penyambungannya adalah sambung ke aki dulu baru switch ON .

gan saya mau tanya, kmaren baru beli bateray bacup untuk internet
sistem kerjanya hampir sama seperti UPS tapi outputnya 12V untuk ke WiFi. di sebelah terminal DC 12V (untuk wifi) ada terminal 13,..V untuk bateray kata penjualnya pasangan aja aki 12v nanti kalau listrik padam akinya langsung bacup seperti sistem UPS itu, nah penjualnya ragu juga ada / tidaknya fitur auto cut kalau akinya sudah penuh ... cara cek nya gimana ya gan apakah itu sudah ada auto cutnya / belum, takutnya cepet bocor akinya ...

Gan gw mau naya ..kan coil relay itu min sama plus kena power baru dia nge switch....nah ini kok min sama plusnya di jumper.walau dilintasi penyearah 1n4007..emang bisa kontak gan

Gan daerah ane susuah cari dioda zener 13v solusi.a gmana gan?

Mas sy dah buat cas yg sederhana dari travo 2A ct. Memakai 2 dioda 5A dan satu elco 4500 uf 50v. Kalo di kasih auto cut off... Komponennya sama atau di ubah mas? Kalo di rubah bisa di sebutin gak komponen apa aja yg di rubah...
#makasih

Mas di rangkaian pcbada 4 resistor, sedang yang di skema gambar ada 3 yang resisitor ke 4 yang mana?

mas sy pny aki 10a trfo ct 18 v dioda bridge ķbpc50 bs ga dibuat charger aki

Mas minta tolong boleh minta nama nama partnya satu persatu

Mas bro, saya udah buat chargernya , hasilnya oke, seperti yg mas bro tunjukan, tapi bisa gak di buat kalau aki sampai drop 11v charging lagi (float charger, gitu)? terima kasih sebelumnya

Udah selesai rakitan ane... tapi cepet dihentikan krn dioda bridge sangat panas...Tegangan kluar cuma 12,7V, led merah ga nyala.. ane pake 16V 3A...

Kalau rangkaian charger yg sederhana di kasih relay sperti rangkaian di atas gemana mas? masih belajar ngerakit sendiri

Saya sudah coba mas tapi setelah beberapa jam lampu hijau dan merah menyala bergantian terus menerus, knapa yaa?

Saya sudah coba mas tapi setelah beberapa jam lampu hijau dan merah menyala bergantian terus menerus, knapa yaa?

gimana caranya kalau saya pasang relay 8 kaki merek Hanaya, nyambung pin coilnya kemana dan pin com nyambung kemana

Buatin skema rangkaian untuk batre hp_3.7v mase...
makasi...

Permisi... setelah cari sana sini... inilah artikel yang paling di cari2.... yang saya mau tanyakan.. di rangkaian tertera ac 15 sampai 18 volt... saya punya trafo 21vlt kiri dan 21 volt kanan apakah trafo itu bisa di gunakan

Charger Aki Otomatis Terbaik Saat Ini "Automac Charger Aki Otomatis Dual System Canggih Auto ON Auto OFF" (Garansi Resmi 6 Bulan), Asli Produk Indonesia. Supportlah Produk Produk Asli Bangsa Indonesia

www.automacindo.com

Setelah lampu hijau menyala..berapa volt tegangan pada aki agar otomatis aki tercarger kembali atau harus memutus tegangan sumber agar tercarger kembali.....????????

sudah terangkai, tapi waktu konek ke listrik PLN koq nyala hijau(NC) ?? jadi aki ga bisa ngecharge.

iya nih mas, punya saya juga gitu. waktu colok listrik ac, lampu hijau langsung on. baik di pasangkan aki atopun tidak. mohon saran

Izin nnya mas...,klw untuk charger aki 36v (3aki di seri) 100ah apa nya yg di rubah ya mas

Apakah pemasangan kaki relay coil1 antara coil2 boleh dibalik???

Sip. Dicoba langsung jadi. Ga ribet kaya yg lain2nya. Nuhun pisan postingannya. Izin share pula

Wah..kalo rangkaian yg bawah malah bingung tuh. Enakan yg pertama

Gan,low mau buat autocut utk cas aki 6v,12v dan 24v pakai IC..
No IC nya brp ya gan??
Trima kasih...

Saya siap membantu jika Bapak/Ibu sedang membutuhkan Trafo/Transformer Isolasi, Auto, Rectifier, Distribusi, Reactor dll dengan berbagai spesifikasi/custom merk Centrado.

Juga menyediakan spare part Trafo seperti Tap Changer, Bushing, Skun, Breather, DMCR, Seal/packing dll dengan harga yang kompetitif.
Terima service, rewinding, dan purifikasi oli.

Silahkan menghubungi saya di whatsapp atau telp 0812-95358935
Terima kasih

Trimakasih mas .. sangat membantu saya.

Mas itu komponen yg panjang item nama sama jenisnya apa ya?

Jadi juga alat charger auto off nya.. lumayan.. sekian lama coba2 akhirnya baru ini yg jadi :v.. simple lay out sendiri, soalnya relaynya relay motor, ga cocok di pcb mas..

cuma saya coba pake penyearah ganda.. coba sambung ke 18V dan 18V .. serta ct sbagai negatif,... begitu dicolok ke baterai, amperenya naik sampe 15A lebih.. meter amperenya saja mentok.. pake 12v 12v ct .. dgn menggunakan penyearah ganda, amperenya masi bole.. 6A .. apakah uda cukup ya 12v ct 12v ??

gan kalo sekma yg pling atas dioda z ganti 12v atau 15v bisa gk? , dan pungsi dioda z itu untuk pembatas aki pnuh atau bukan ? trima kasih

Mas bisa kagak di list komponen yg di gunakan soalnya saya tdk tau saya dari toko elektronik saya kasih liat gambar di bilang tolong di tulis begitu mas mohon yah🙏🙏

Transistor C1815
Dioda 1N4007
Dioda zener 12V
Elko 10u, 1000u
Resistor 1K, 1K, 3K3/4K7
Led merah dan hijau
Tactile switch
Dioda kiprok, bisa ambil dari bekasan psu komputer

Gak bisa sebab tegangan aki teratas disensor 14,2. Coba diganti dengan zener dibawah tegangan deteksi aki. Zener Sebagai detektor tegangan.

Permisi mas, mohon penjelasannya untuk charger aki 10 Amp murni, out 14,7vac. Komponen apa aja yg dirubah. Mohon bantuannya mas

Klo ngga pke C1 gimana sob,,soalnya aku pke output trafo 15v,jd kluaran 18v,,ketika dicolokan,rangkaian otomatis menyala hijau tanpa ada setrum keluar.

bro kalo saya mau bikin charger otomatis tapi range dari 9v sampai 15v
apa yang di ganti
ini kan saya modif input nya karena saya charger pake samps yang udah out DC jadi saya gak pake dioda sisir tapi langsung ke + - nya
Nah ini saya suppy 12v dia gak mau ke lampu hijau sih apa karena minimum supply kudu 14v ?

Tinggal disesuaikan memakai rumus yang telah ditulis diatas

kang ini sya g bisa lihat skemanya,tapi justru sya nyomot dri web lain yg jiplak karya akng kyaknya!nah pertanyaan sya,tr pkai jenis ap sih?ko sya baca diatas bisa diganti dgn c945? Bukanya c945 itu npn ya kang?

kalau bukan untuk aki, misalnya perangkat seperti gps apa bisa ya? biar baterainya ngga gampang kembung.

@joebae : awal bikin skema pake transistor NPN tapi seiring berjalan waktu banyak masukan tentang sulitnya penggunaan transistor pnp, nah akhirnya skema diimprovisasi menjadi penggunaan transistor npn yang notabene sangat mudah digunakan dan fleksibel

@andri tirta : bisa juga

Bang, kalau pakai trafo 10 amp besar apa bisa? Apa ada yang dirubah?

mas bro seumpama utk 24v apanya yang di ubah

kalau di gambar ulang skemanya kek gambar ini https://prnt.sc/p0q0lf
apa itu udah betul skemanya kalau di gambar ulang?

Untuk cara Setting nya bisa dilihat pada video diatas

bang kapasitornya berapa Volt nh yg digunakan?

Mas jika pengecasan untuk 2 baterai (24 V) apa aja yang perlu ditambah atau yang berbeda dari rangkaian mas?
Tolong dibantu ya mas

mas, jika pakai rangkaian yg pertama menggunakan TR A1015. Agar cut off nya bisa di atur. Apa saja yang diganti. Terima kasih mas.

Bang sya mau tanya
Saya sudah rakit setelah sya tes kenapa pada saat di sambungkan ke aki lampu merah tidak menyala...tapi pada saat di lepas dari aki lampu merah malah menyala.?
Mohon pencerahannya??

Mas mau nanya saya sudah buat rangkainnya tapi stelah di coba pada saat belum di sambung ke aki lampu merah menyala tapi setelah di sambung ke aki lampu merah malah mati.. Tolong pencerahannya

Kalo pake travo 5 Ampere apa ada komponen yg perlu diganti nilainya, tks

tombol push on itu buat jemper r 3k3 kan om?

tombol push on untuk jemper r 3k3 kan om?

Haddeeuuhh ... sdh ta rangkai sesuai dgn skema, sy coba kok ndak bisa ya ? (tidak bisa charging (relay tidak kerja)
Gmn gan ... need advice, plis.

saya sudah buat mas.. cuma saya masi bingung.. referensi tegangan penuh utk sebagai set itu berapa ya?? ada yg blg 14.4V, ada yg blg 13.8V .. tegangan yg saya pake trafo non ct 0-12V, saya pake output diode kotak diparalel 1000uF/25V .. shg tegangannya naik menjadi kisarn 15V .. yg saya mau charge akinya adalah aki NS40Z ,.. makasi mas..

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Hui : 13.8 biasanya aki basah sedangkan aki kering 14.2

Mas untuk cas aki 24 volt apa hanya ngerubah zener sama relay aja..supply travo 30 volt
R yg lain gak usah di ubah

Mas untuk cas aki 24 volt apa hanya ngerubah zener sama relay aja..supply travo 30 volt
R yg lain gak usah di ubah


EmoticonEmoticon