Senin, 09 April 2018

Cara Lain(Alternatif) Membuat Sendiri PCB Tanpa Laser Printer dan Bahan Kimia.

Awalnya memang saya membuat PCB sendiri dengan menggunakan  printer laser untuk mencetak gambar Layout PCB namun suatu waktu kawat korona nya putus sehingga tidak dapat digunakan padahal sangat butuh sekali ketika akan mencetak PCB.

Nah dari sini lah ide gila itu muncul, dengan memanfaatkan barang yang ada saya mulai membuatnya.

Adapun barang yang saya gunakan untuk membuat PCB darurat diantaranya :

- PCB polos

- Bor tangan untuk membuat jalur /mengikis tembaga

- Penggaris stainless sebagai guide jalur agar rapi /tidak bengkok

- PCB bolong sebagai guide lubang

- Pensil dan penghapus sebagai guide /mark jalur.

Untuk proses nya tergantung kesabaran dan ketelitian individu yang juga akan memengaruhi hasil akhir.

Inilah foto-foto bahan dan video proses pembuatannya.






Inilah video semua proses pembuatannya. 

8 Comments

Alhmdllah.. terima kasih banyak mas atas inspirasi nya . Saya hampir bingung bikin layout. Tapi gk ada print laser d daerah saya. Dan akhir nya .. saya menemukan ide mas ini.. terimakasih banyak sekali lagi suhhhuu

Sama-sama semoga sukses pembuatan pcb nya

pakai layout foto copy mas, ditransfer dengan autan dan dilarutkan..

Iya itu contohnya dipostingan membuat running text, ini hanya tutorial alternatif saja

Teknik pembuatan layout seperti ini apa namanya mas.?
Setau saya dengan menghubungkan kaki komponen (bukan me misah) seperti ini

Teknik seperti cnc, mengukir.

Ini memang memisahkan karena awalnya belum berbentuk jalur yaitu hamparan lapisan tembaga, kemudian diukir sehingga membentuk jalur yang akan menghubungkan setiap kaki komponen yang akan dihubungkan


EmoticonEmoticon