Rabu, 13 Juli 2022

Membuat Adjustable Power Supply LM358

Adjustable Power Supply LM358

 Pada proyek-proyek sebelumnya saya telah membuat rangkaian adjustable power supply yang menggunakan IC LM324 dan sudah saya gunakan untuk keperluan sehari-hari hingga saat ini, adjustable power supply LM324 ini sudah ada fitur limit arus sehingga aman digunakan tanpa harus takut rusak ketika terjadi korslet tanpa sengaja disamping itu meskipun jenisnya linear namun saat digunakan dengan beban tidak terlalu panas pada transistor nya, untuk proyek adjustable power supply LM324 ini dapat dilihat kembali artikel lengkapnya pada halaman ini, dan ini dia hasilnya.


Adjustable Power Supply LM324
Adjustable Power Supply LM324

Nah saat saya browsing diinternet untuk mencari referensi rangkaian elektronika lainnya pada situs rcl-radio.ru saya menemukan sebuah rangkaian yang sederhana dan mirip seperti proyek adjustable power supply LM324 sebelumnya namun rangkaiannya terlihat sangat sederhana sekali sehingga saya ingin mencobanya apakah rangkaiannya benar-benar bisa berfungsi layaknya rangkaian adjustable power supply LM324 yang telah saya buat sebelumnya? Dan menariknya rangkaian adjustable power supply LM358 ini bisa dikombinasikan bersama mikrokontroller untuk pengaturan yang lebih lengkap mengenai proteksi, arus hingga kontrol suhu transistor final yang bisa menghentikan rangkaian apabila batas suhu yang telah ditetapkan terpenuhi, dibawah ini saya tampilkan skemanya beserta layout yang telah saya desain. 


Baca juga : Membuat Adjustable Power Supply LM324 


Skema Adjustable Power Supply LM358
Skema Adjustable Power Supply LM358 

Layout Adjustable Power Supply LM358
Layout Adjustable Power Supply LM358

Untuk file gerber bisa juga di Download atau pesan langsung di situs PCBWay pada tautan berikut ini 


Setelah layout dirasa sudah sesuai selanjutnya saya unggah file gerber nya ke situs PCBWay.com untuk dicetak menjadi sebuah pcb keren yang biaya cetaknya hanya 5 dolar saja untuk 5 hingga 10 pcs PCB dengan berbagai pilihan warna menarik dan untuk proyek kali ini saya memilih warna hitam glossy karena saya lagi suka dengan pcb warna hitam glossy tersebut, bagi kamu yang ingin mencetak pcb di situs PCBWay ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan di antaranya adalah saldo welcome bonus sebesar 5 dolar untuk biaya cetak pcb di PCBWay untuk pendaftar akun pertama kemudian ada banyak bonus berupa beans yang bisa kita tukarkan dengan berbagai macam modul, sensor-sensor, kit hingga biaya cetak pcb jadi tunggu apa lagi ayo daftar akun PCBWay sekarang juga melalui tautan ini. 


Pcbway.com
PCBWay.com 

Dapatkan saldo welcome bonus saat mendaftar akun PCBWay
Dapatkan saldo welcome bonus saat mendaftar akun PCBWay 

Dimensi atau ukuran dari PCB Adjustable Power Supply LM358 ini sangatlah mungil karena hanya menggunakan komponen yang sedikit bahkan untuk ic LM358 pun yang dipakai hanya satu opamp saja dari dua opamp yang tersedia namun demikian rangkaian adjustable power supply LM358 ini dapat berfungsi dengan sebagai mana mestinya tapi mesti diingat bahwa rangkaian ini belum ada rangkaian proteksinya apabila digunakan tanpa tambahan mikrokontroller jadi harus hati-hati jangan sampai terjadi arus pendek yang dapat mengakibatkan transistor final rusak sebaliknya jika sudah ditambah dengan mikrokontroller maka rangkaian sederhana ini dapat menjadi sebuah rangkaian adjustable power supply yang kaya fitur, inilah pcb adjustable power supply LM358 yang telah saya dapatkan dari PCBWay


Baca juga : Cara Modifikasi ATX PSU adjustable 0 - 25V 10A 


PCB Adjustable Power Supply LM358
PCB Adjustable Power Supply LM358 

Baiklah kini saatnya kita menyimak pembuatan rangkaian adjustable power supply LM358 ini lengkap hinggap percobaan menggunakan beban pada video berikut ini. 




EmoticonEmoticon