Senin, 11 Juli 2022

Membuat Adjustable Power Supply LM324

 Kebutuhan akan tegangan yang bervariasi saat menguji sebuah rangkaian sangat diperlukan untuk itu saya mencoba membuat sebuah rangkaian power supply yang keluarannya bisa di atur bervariasi sesuai kebutuhan yang diperlukan. Skema yang saya coba adalah sebuah skema adjustable power supply atau skema power supply variabel yang menggunakan komponen utama berupa IC quad opamp LM324, ic quad opamp ini digunakan sebagai satu kesatuan yang mulai dari oscillator hingga pembanding untuk tegangan dan arus. Rangkaian adjustable power supply LM324 ini sebelumnya sudah saya buat dengan menggunakan pcb yang dicetak sendiri dan telah saya gunakan, artikelnya bisa dilihat pada tautan ini dan seperti inilah layout PCB dan implementasinya. 


Layout Adjustable Power Supply LM324
Layout Adjustable Power Supply LM324


Hasil akhir Adjustable Power Supply LM324
Hasil akhir Adjustable Power Supply LM324

Berikut ini saya tampilkan skema yang saya gunakan untuk keperluan pembuatan layout PCBnya.


Skema Adjustable Power Supply LM324
Skema Adjustable Power Supply LM324 

Karena rangkaian Adjustable Power Supply LM324 ini sudah terbukti bermanfaat dan telah lama saya gunakan untuk keperluan sehari-hari maka saya coba buat kembali layoutnya namun dengan memakai resistor seperempat watt dan tataletak nya yang disusun kembali lebih kompak sehingga mengurangi dimensi pcb menjadi lebih kecil dan disamping itu ditambah lagi penambahan potensiometer untuk pengaturan tegangan keluaran menjadi dua yaitu untuk pengaturan tegangan kasar (Coarse) yang pergerakan tegangannya kasar atau besar yang ketika diputar bergeser hitungan volt dan untuk pengaturan tegangan lembut (Fine) yang ketika diputar bergeser hitungan dibawah satu volt jadi sangat cocok ketika menginginkan tegangan yang pas sesuai keinginan.


 Nah setelah selesai pembuatan layout baru tersebut kemudian layoutnya dikonversi ke berkas gerber agar bisa dicetak ke situs PCBWay.com karena hanya dengan biaya cetak 5 dolar saja kita bisa mendapatkan 5 hingga 10 pcs PCB dengan kualitas yang tentunya super keren, disamping itu jika kita belum pernah pesan pcb dan belum memiliki akun PCBWay maka ketika daftar akun untuk pertama kalinya kita akan mendapatkan saldo welcome bonus sebesar 5 dolar untuk biaya cetak, gimana menarik bukan? Silakan daftar akun PCBWay sekarang juga melalui tautan ini.


Pcbway.com
PCBWay.com

Daftar akun baru PCBWay
Daftar akun baru PCBWay 

Untuk file gerber rangkaian adjustable power supply LM324 ini bisa juga di Download atau langsung cetak di situs PCBWay pada tautan berikut ini. 



Setelah pcbnya saya terima sekitar seminggu setelah pemesanan, lalu mulai saya rakit hingga selesai dan kemudian dicoba dengan hasil yang sesuai harapan, dibawah ini saya tampilkan mulai dari PCB yang belum dirakit hingga rangkaian yang telah selesai diisi komponen.


PCB Adjustable Power Supply LM324 cetakan PCBWay
PCB Adjustable Power Supply LM324 cetakan PCBWay

PCB + kit adjustable power supply LM324
PCB + kit adjustable power supply LM324 

Oke kini saatnya kita lihat proses keseluruhan mulai dari pembuatan hingga test rangkaian dalam sebuah video dibawah ini, mari kita simak videonya berikut ini. 




1 Comments so far

gan ini yg bener pake LM324 atau TL084??


EmoticonEmoticon