Sabtu, 16 Oktober 2021

Cara Mengatasi Error saat Edit Program Transistor Tester untuk Atmega328

Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya tentang cara menambah atau merubah tulisan pada Transistor Tester atau Smart Tester atau sering juga disebut sebagai esr meter digital yang mana pada waktu kemarin sudah saya praktekkan dan hasilnya memuaskan seperti apa yang saya inginkan, saya kompilasi dan upload program Transistor Tester tersebut kedalam chip atmega8 masih menggunakan aplikasi winAVR dan hasilnya sukses. Sebelum melangkah ke tahap ini alangkah baiknya membaca dulu Artikel Sebelumnya agar paham cara mengubah atau menambahkan bahasa atau tulisan pada Transistor Tester ini. 

Transistortester Atmega328
Transistor Tester Atmega328

Penambahan dan pengeditan yang saya lakukan berhasil namun muncul masalah dalam proses kompilasi yang error tentunya juga tidak dapat di upload ke mikrokontroller, error tersebut hanya terjadi apabila memilih menggunakan chip atmega328, sementara untuk chip atmega8 dan atmega168 tidak menemui kendala, untuk itu pada artikel ini saya akan tuntaskan mengenai solusi atau cara mengatasinya.

Reaksi teman-teman komunitas Facebook
Reaksi teman-teman komunitas Facebook 

Artikelnya sebelumnya saya coba bagikan di sebuah forum diskusi, yaitu sebuah grup elektronika aktif di Facebook dan berhasil mendapatkan like, share dan komentar yang lumayan banyak diantara itu ada seorang member yang juga sudah lama membuat Transistor Tester custom tulisan juga ikut berkomentar dan berbagi solusi tentang error saat kompilasi tersebut, malah dia juga menyarankan saya untuk mencoba software yang dikomputernya tidak ada error saat kompilasi dan saya coba namun hasilnya tetap error, berarti dapat dipastikan software yang saya edit tidak ada kendala berdasarkan itu saya meyakini bahwa masalahnya terletak pada software komputer winavr yang bermasalah yaitu kemungkinan avr-gcc nya sudah tidak mendukung atau kadaluarsa.


Berdasarkan hasil tadi maka mulailah saya mencari sumber cara untuk meng-update avr-gcc pada winavr maka didapatlah sebuah halaman website yang bisa saya jadikan referensi untuk masalah saya tadi dan mulai saya terapkan. 

Oke kita mulai caranya, pertama kita harus download dulu toolchain avr-gcc dari Atmel pada tautan ini kemudian pilih AVR 8-bit Toolchain v3.62 – Windows lalu download, setelah terdownload kemudian ekstrak dan buka foldernya maka akan menemukan beberapa subfolder bernama avr, bin, doc, lib dan sebagainya. 

Seleksi semua folder dan copy/move
Seleksi semua folder dan copy/move

Nah pilih atau seleksi semua folder ini kemudian copy, setelah itu paste dan akan menggantikan folder - folder didalam folder winavr di direktori C:\WinAVR-20100110. 

Paste kedalaman folder WinAVR20100110
Paste kedalaman folder WinAVR20100110

Timpa untuk semua folder
Timpa untuk semua folder

Timpa juga untuk semua files nya
Timpa juga untuk semua files nya

Tunggu sampai selesai
Tunggu sampai selesai

Untuk download winavr bisa dicek pada tautan ini.

Saat tidak terpasang komponen
Saat tidak terpasang komponen 

Pilihan menu transistortester
Pilihan menu

Keren kan? Apalagi didukung dengan pcb kualitas terbaik dari PCBWay yang hanya dengan harga $5 saja kita bisa dapat 10 keping pcb, ditambah dengan layanan yang baik dan cepat pcb yang kita pesan bisa selesai dalam waktu sekitar 24 jam saja, keuntungan lainnya adalah pada saat daftar akun PCBWay, kita bisa mendapatkan kupon cetakan pcb senilai $5 dan bisa langsung dipesan saat itu juga, jadi tunggu apa lagi segera daftar akun PCBWay sekarang juga dan pesan pcb sekarang juga. 

Daftar akun PCBWay disini
Daftar akun PCBWay disini

Klik join untuk daftar akun PCBWay
Klik join untuk daftar akun PCBWay 

Setelah itu sekarang coba kompilasi Transistor Tester yang menggunakan chip atmega328 dan seharusnya berhasil, untuk lebih jelasnya simak video tutorialnya berikut ini 



Rangkaian ini menjadi alat wajib untuk dibawa bagi saya setiap dapat call job reparasi Televisi karena dapat menampilkan nilai esr dari sebuah elko atau kapasitor yang sedang diukur, rangkaian ini sungguh sangat membantu dalam pekerjaan reparasi Televisi dan saya tidak lupa untuk mendokumentasikan pekerjaan tersebut di blog Fareed Read ini


EmoticonEmoticon