Minggu, 01 Agustus 2021

Membuat ESR Meter Analog LM324 + Continuity Tester

 Dalam setiap aktivitas reparasi khususnya dalam reparasi televisi kita membutuhkan alat untuk mengecek berbagai komponen elektronika dan hal tersebut masih bisa menggunakan multimeter digital untuk mengecek berbagai komponen elektronika namun tidak halnya dengan satu komponen yang mempunyai sifat lainnya selain sifat utamanya yaitu sebuah komponen elektronika yang bernama elektrolit kondensator atau elko.


ESR meter analog + Continuity Tester
ESR meter analog + Continuity Tester

Elko atau elektrolit kondensator memiliki sifat lain selain kapasitas nya yaitu nilai resistansi atau Equivalent Series Resistance atau disingkat ESR. Nah nilai itu umumnya dimiliki oleh komponen yang dapat menyimpan muatan listrik seperti halnya elko atau baterai elektrolit lainnya. Nilai ini tidak bisa diukur oleh multimeter konvensional seperti avo meter analog dan digital karena tidak menyediakan range pengukuran untuk itu, maka dari itu perlu adanya sebuah alat yang mampu mengukur resistansi dari elko tersebut.


Sudah sejak lama rangkaian esr meter tersedia dalam berbagai macam skema yang fungsinya sama meskipun memiliki beberapa sedikit perbedaan dalam perancangannya, saya sejak dulu sudah mencoba beberapa rangkaian esr meter analog mulai dari yang sederhana hingga yang sedikit kompleks dan intinya sama saja fungsinya. 


Layout esr meter analog versi sebelumnya
Layout esr meter analog versi sebelumnya 

Bottom layout esr meter analog versi sebelumnya
Bottom layout esr meter analog versi sebelumnya 

Citra 3D esr meter analog versi sebelumnya
Citra 3D esr meter analog versi sebelumnya

Pada kesempatan ini saya mencoba membuat rangkaian esr meter analog yang memiliki led indikator sebagai indikasi bahwa ada sebuah hubungan singkat atau short, sedangkan saat menampilkan nilai esr led ini tidak menyala, intinya fungsi led indikator ini khusus sebagai indikasi short, meski sederhana namun lumayan bermanfaat sebagai alat continuity tester. Agar lebih layaknya continuity tester maka pada bagian led indikator saya pasang juga buzzer aktif dan jadilah sebuah alat yang berguna sebagai esr meter juga sebagai continuity tester. 


Layout baru esr meter analog + Continuity Tester
Layout baru esr meter analog + Continuity Tester


Baca juga : Membuat Transistor Tester atau Smart Tester yang Dilengkapi dengan Pin Protektor


Sebenarnya rangkaian ini telah lama saya desain layoutnya meskipun entah kapan saya akan realisasikan pcbnya sebab telah ada rangkaian yang sama yang dapat mengukur semua itu yang bernama transistortester atau avr smart tester namun karena saya mempunyai kesempatan yang luar biasa untuk mencetak pcb yang sangat berkualitas sekali dengan harga yang relatif terjangkau yaitu hanya $5 saja  dan saya bisa mendapatkan 10 pcb keren, apalagi untuk kamu yang mendaftar akun PCBWay dan melakukan pemesanan pcb yang pertama kali maka kamu akan diberikan biaya cetak $5 dengan kata lain gratis untuk pesanan pcb pertama kalinya, jadi tunggu apa lagi jika ingin merasakan punya pcb sendiri yang keren segera daftar akun PCBWay sekarang juga pada tautan ini


Seperti inilah tampilan untuk mendaftar akun PCBWay


Klik join pada bagian ini
Klik join pada bagian ini

Klik join untuk daftar akun PCBWay
Klik join untuk daftar akun PCBWay 


Untuk yang penasaran seperti apakah rangkaiannya, dibawah ini saya sertakan skemanya. 


Skema esr meter analog + Continuity Tester
Skema esr meter analog + Continuity Tester 

Dari skema inilah saya rancang layoutnya kemudian saya konversi ke berkas gerber agar bisa difabrikasi ke jasa percetakan pcb profesional PCBWay, inilah layoutnya. 


Layout esr meter analog + Continuity Tester
Layout esr meter analog + Continuity Tester


Dibawah ini adalah pcb yang telah saya cetak ke PCBWay. 


PCB atas esr meter analog + Continuity Tester
PCB atas esr meter analog + Continuity Tester

PCB bawah esr meter analog + Continuity Tester
PCB bawah esr meter analog + Continuity Tester

Hasil akhir esr meter analog + Continuity Tester
Hasil akhir esr meter analog + Continuity Tester


Setelah saya dapatkan pcbnya saya rakit hingga berfungsi sesuai keinginan, penasaran kan cek videonya dibawah ini. 



3 Comments

saya sudah buat, tp kok yang fungsi cuma continues saja ya, esr gk mau gerak, perasaan tak koreksi udah benar

Kalau yg versi 4558 cara menambah continues tester gimna ya bang?

Maaf saya koreksi komentar saya, dengan mengubah beberapa R dan menyesuaikan voltase alat ini sangat berguna, sudah saya pakai 2 tahun an, mungkin kalo ada layout black nya bisa di share sekalian, terimakasih anda sangat membantu sekali ..


EmoticonEmoticon