Selasa, 18 Mei 2021

Membuat USBASP yang Dilengkapi dengan ZIF Socket

Membuat USBASP yang Dilengkapi dengan ZIF Socket - Usbasp adalah sebuah perangkat dimana sangat penting dan dibutuhkan keberadaannya oleh seorang yang bergelut dibidang elektronika khususnya mikrokontroller, usbasp merupakan sebuah alat yang mampu menjembatani antara komputer (khususnya laptop/notebook/netbook) dan mikrokontroller lewat jalur usb sehingga sangat efektif untuk penggunaanya saat ini yang mana memang jalur usb tersebut sangat populer penggunaanya saat ini.


USBASP zif socket Fareed Read PCBWay
USBASP zif socket Fareed Read PCBWay 


Meskipun berkutat dengan Arduino saya tetap menggunakan usbasp sebagai programmer nya dan sampai saat ini pun saya masih mengandalkannya.


Baca juga : Membuat Sendiri USBasp


Dulu pada saat saya awal membuat usbasp adalah bertujuan untuk pembelajaran dan sebagai stok darurat dimana jikalau usbasp yang ada rusak, karena sebelum membuat usbasp sendiri saya membeli sebuah usbasp juga sebagai programmer untuk membuat usbasp lagi, bingung kan?
Gak usah bingung, lanjut aja bacanya!


Skema, firmware dan drivernya bisa di download di situs nya disini. Nah dari situ saya mendapatkan skemanya dan mulai merancang layout sendiri dan dicetak kemudian dijadikan pcb, cukup lama saya menggunakan usbasp buatan sendiri tersebut karena memang tidak ada kendala saat menggunakannya.


Dibawah ini merupakan gambar dari usbasp yang pertama kali saya buat.


Layout usbasp pertama Fareed Read
Layout usbasp pertama Fareed Read 

Bottom Layout usbasp pertama Fareed Read
Bottom Layout usbasp pertama Fareed Read 

Gambar 3D Layout usbasp pertama Fareed Read
Gambar 3D Layout usbasp pertama Fareed Read 


USBASP versi Fareed Read bikinan sendiri
USBASP versi Fareed Read bikinan sendiri 


Suatu waktu saya mencoba mencetak pcb ke pabrik pembuatan pcb lokal dan mendesain ulang layout usbasp menjadi semakin rounded atau seluruh sisinya makin membulat dan kemudian usbasp inilah yang menjadi andalan menggantikan usbasp yang dibuat sebelumnya.


Layout usbasp versi 2 cetakan lokal Fareed Read
Layout usbasp versi 2 Fareed Read 

Bottom Layout usbasp versi 2 cetakan lokal Fareed Read
Bottom Layout usbasp versi 2 Fareed Read 

Gambar 3D Layout usbasp versi 2 cetakan lokal Fareed Read
Gambar 3D Layout usbasp versi 2 Fareed Read 

PCB usbasp versi 2 Fareed Read
PCB usbasp versi 2 Fareed Read 


usbasp versi 2 cetakan lokal Fareed Read
USBASP versi 2 cetakan lokal Fareed Read 

Download layout siap cetak format PDF disini

Saya sadar dari awal memang layout yang saya buat terlalu banyak menggunakan jumper dan belum bisa mendesain ulang hingga mengurangi jumlah jumper karena memang layout yang saya buat merupakan single layer, ini bertujuan agar bisa membuat pcb sendiri seperti sebelumnya namun sejak bergabung bersama PCBWay masalah itu bisa diatasi.


Baca juga : Catatan Pengalaman Membuat PCB mulai dari PCB Amatir hingga PCB Profesional - PCBWay 


Karena sudah biasa pesan PCB dari PCBWay maka ada ide muncul ketika menggunakan usbasp supaya tidak lagi menggunakan minimum sistem dengan alasan mungkin agak sedikit ribet kalau bersama minimum sistem yaitu dengan menambahkan zif socket di layout usbasp nya dengan demikian ketika akan memrogram mikrokontroller atmega328 ataupun atmega8 cukup hanya pakai usbasp yang sudah dilengkapi zif socket ini.


Layout desain baru USBASP yang Dilengkapi dengan ZIF Socket
Layout desain baru USBASP yang dilengkapi dengan ZIF Socket 


PCB desain baru USBASP yang dilengkapi dengan ZIF Socket
PCB desain baru USBASP yang dilengkapi dengan ZIF Socket

Desain baru USBASP yang dilengkapi dengan ZIF Socket
Desain baru USBASP yang dilengkapi dengan ZIF Socket


Layout usbasp yang dilengkapi zif socket ini kini menggunakan layout double layer karena pembuatan PCB nya saya pesan ke fabrikasi PCB PCBWay, sebab hanya dengan biaya $5 saja saya sudah bisa mendapatkan 10 keping cetakan pcb kualitas terbaik dengan berbagai pilihan warna.


Jika kamu tertarik maka untuk pendaftar akun PCBWay pertama kali dan melakukan pemesanan yang pertama juga maka akan mendapatkan gratis untuk cetakan pertama kalinya, menarik bukan? So tunggu apalagi segera daftar akun PCBWay sekarang juga.


Daftar akun PCBWay nya disini
Daftar akun PCBWay nya disini 

Gabung PCBWay klik tombol Join
Gabung PCBWay klik tombol Join


Oke marilah kita lihat video yang telah saya buat untuk memperlihatkan usbasp yang telah saya desain layoutnya bersama zif socket dibawah ini.



EmoticonEmoticon