Rabu, 26 Mei 2021

Membuat Rangkaian Tes Trafo atau LOFT Tester / Ringing Tester / FLYBACK Tester

Membuat Rangkaian Tes Trafo atau LOFT Tester / Ringing Tester / FLYBACK Tester - Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai sebuah rangkaian yang dapat memeriksa sebuah lilitan atau gulungan trafo dengan cepat tanpa harus lepas komponen dari pcbnya dan hasilnya dapat dilihat melalui susunan led sebagai indikator nya, susunan led tersebut sebagai indikasi baik buruknya kelayakan dari trafo yang sedang diperiksanya. 


Redesign LOPT Tester / FLYBACK Tester / Ringing Tester Cetakan PCBWay
Redesign LOPT Tester / FLYBACK Tester / Ringing Tester Cetakan PCBWay

Bagi para teknisi khususnya teknisi televisi dengan adanya rangkaian ini sangat membantu, cepat dan efisien karena tidak perlu melepaskan komponen dari pcb nya karena rangkaian ini dapat bekerja secara in circuit seperti rangkaian esr tester analog. 


Udah baca belum artikelnya? Cek pada artikel Cara Membuat LOPT atau Flyback Tester (Ringing Tester), disana saya bahas mengenai cara kerja, skema, layout yang saya rancang sebagai referensi atau bisa juga download layoutnya dan video sebagai penjelasan lengkap hingga praktek rangkaiannya. Disana saya membuat PCB sendiri yang pembuatannya dilakukan secara manual hanya menggunakan bor tangan dan penggaris dengan cara dikikis lapisan tembaganya seperti video berikut ini. 



Rangkaian lopt tester/flyback tester/ringing tester yang saya buat sebelumnya saya pakai sebagai perlengkapan call job saat reparasi televisi, dokumentasi nya bisa dilihat pada blog Fareed Read ini nah disinilah tibul hal baru yang kemudian muncul ide baru, apa itu? Saat akan menggunakannya saya harus hati-hati memasang baterai agar polaritasnya tidak terbalik, yang saya pakai adalah dua buah baterai lithium ion 18650 yang disususn secara seri. Untuk itu saya harus tambahkan dioda pada jalur power supply nya agar jikalau pemasangan power supply terbalik tidak menyebabkan rangkaian rusak karena dioda akan menghantarkan tegangan pada satu arah saja. 


Baca juga : Membuat Transistor Tester atau Smart Tester yang Dilengkapi dengan Pin Protektor


Setelah sekian lamanya dari pembuatan rangkaian pertama yang pembuatannya masih manual membuat pcb sendiri, hingga kemudian sekarang saya sering pesan pcb dari PCBWay, upgrade rangkaian dilakukan mulai dari penambahan dioda anti polaritas terbalik, fleksibilitas kaki transistor jikalau ingin memakai transistor persamaan hingga dimensi layout yang dibuat sangan mungil ukurannya. 


Semua itu karena adanya kesempatan untuk fabrikasi PCB ke PCBWay karena hanya dengan biaya $5 saja, saya sudah bisa cetak pcb atau sudah bisa mendapatkan 10 keping pcb dengan kualitas tinggi, kamu juga bisa mendapatkannya apalagi baru pertama kali buat akun di PCBWay dan melakukan pemesanan pertama kalinya maka kamu akan mendapat biaya cetak sebesar $5 gratis!, caranya daftar akun PCBWay disini


Daftar akun PCBWay
Daftar akun PCBWay 

Klik join untuk daftar
Klik join untuk daftar 


Setelah saya dapatkan pcbnya dari PCBWay dengan pemilihan warna biru glossy, kemudian saya rakit sehingga hasilnya seperti ini. 


LOPT Tester / FLYBACK Tester / Ringing Tester Cetakan PCBWay
LOPT Tester / FLYBACK Tester / Ringing Tester Cetakan PCBWay 

Disalah satu bagian pcb saya sertakan keterangan indikator led agar tidak lupa fungsi indikator nya, marilah kita lihat videonya berikut ini. 




EmoticonEmoticon