Jumat, 11 Oktober 2019

Membuat Sendiri Flasher LED 12V - LED Flasher Circuit

LED Flasher Circuit

Membuat Sendiri Flasher LED 12V - LED Flasher Circuit - Pada artikel sebelumnya saya telah membuat rangkaian flasher sederhana hanya menggunakan tiga komponen yaitu relay 12V, elko dan resistor. Penggunaan Flasher ini dipasang secara seri dengan beban seperti Flasher konvensional yang ada didalam sepeda motor namun keunggulannya yaitu laju kedipannya yang stabil dan tidak ketergantungan dengan jumlah lampu yang dipasang seperti Flasher sepeda motor pada umumnya.


Karena pemasangan rangkaian flasher yang dibuat tersebut dipasang secara seri maka beban atau lampu nya harus mempunyai resistensi yang rendah agar Flasher bekerja normal, jika beban atau lampu yang dipasang berupa LED 12V yang mempunyai resistensi yang cukup ringan maka Flasher tidak akan bekerja.

Baca juga : Membuat Flasher Elektronik untuk Lampu LED

Timbul pertanyaan, bagaimana caranya membuat Flasher untuk lampu LED?

Untuk menjawab pertanyaan itu, pada Channel Fareed Clarity telah saya buat Flasher khusus untuk lampu LED dengan menggunakan beberapa komponen dan hasilnya lumayan namun ternyata untuk sebagian orang sepertinya cukup kesulitan membuatnya sebab menggunakan beberapa komponen yang tidak sesederhana rangkaian Flasher untuk lampu pijar.

Pada kesempatan ini saya akan membuat rangkaian yang sama seperti Flasher untuk lampu sein motor/lampu pijar yang hanya menggunakan tiga komponen namun bisa digunakan untuk dipasangkan dengan menggunakan lampu LED, rangkaian flasher ini akan bekerja walaupun tanpa adanya beban dan bisa lebih fleksibel penggunaan beban lampunya, yaitu bisa menggunakan berbagai macam lampu 12V seperti lampu LED strip 12V ataupun lampu pijar 12V lainnya.

Baca juga : Membuat Sendiri Flasher untuk Lampu Sein Motor atau Mobil

Dibawah ini saya tampilkan skema untuk rangkaian Flasher LED yang sangat sederhana karena hanya menggunakan tiga komponen yaitu relay, elko dan resistor.

Skema LED flasher

Untuk lebih jelasnya saya tampilkan juga video perakitan ketiga komponennya sehingga menjadi sebuah Flasher LED yang sangat sederhana.

2 Comments

mantap, klo untuk mobil sama ya?

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.


EmoticonEmoticon