Selasa, 20 November 2018

Membuat Sendiri Flasher untuk Lampu Sein Motor atau Mobil


Postingan kali ini merupakan proyek yang sangat sederhana namun hasilnya memuaskan, yaitu membuat sendiri flasher untuk lampu sein motor atau mobil.

Kenapa saya bilang proyek sangat sederhana, ya karena hanya membutuhkan tiga komponen saja dalam perakitannya, bisa berjalan normal walaupun hanya  menggunakan satu lampu saja, normalnya flasher motor harus pakai dua lampu sein depan  belakang untuk bisa berkedip.

Rangkaian ini juga laju kedipnya stabil, artinya tidak terlalu terpengaruhi oleh beban(paralel), pakai satu, dua, tiga bahkan lebih pun kedipannya cenderung stabil beda dengan flasher konvensional umumnya pada sepeda motor yang makin banyak/beda daya maka kedipan akan bervariasi sesuai jumlah lampu yang digunakan(paralel).

Baca juga : Membuat Lampu Indikator Perpindahan Posisi Gigi Kendaraan Bermotor Memakai 7 Segment

Skema flasher untuk lampu sein motor atau mobil
Skema Flasher.

Cara kerjanya yaitu ketika pertama kali dihidupkan lampu mati karena tegangan akan mengisi kapasitor C1 melalui R1 dan Lampu. Selama pengisian kapasitor, coil relay belum mampu aktif sampai kapasitor terisi muatannya.

Setelah kapasitor terisi muatannya maka tegangan diantara kaki koil relay kini mampu mengaktifkan relay yang membuat kaki COM relay terhubung ke NO yang sekaligus menghidupkan lampu, kini kapasitor dibuang muatannya melalui R1 dan koil relay.

Siklus ini berulang terus menerus yang menghasil kedipan yang teratur.
Laju kecepatan kedipannya dapat diatur dengan mengganti nilai kapasitor, makin tinggi nilai kapasitor yang digunakan makin lambat laju kecepatan kedipannya.
Nilai kapasitor untuk kecepatan standar sekitar 2200u. Sebagai contoh, jika ingin cepat dari kecepatan standar maka nilai kapasitor ganti dengan 1000u dan jika ingin lambat maka ganti nilai kapasitor dengan 4400u atau sesuaikan nilai kapasitor sesuai keinginan.

Membuat Sendiri Flasher untuk Lampu Sein Motor atau Mobil

Membuat Sendiri Flasher untuk Lampu Sein Motor atau Mobil 2

Membuat Sendiri Flasher untuk Lampu Sein Motor atau Mobil 3

Membuat Sendiri Flasher untuk Lampu Sein Motor atau Mobil 4


Rangkaian ini sudah di test dan dibawah ini adalah video proses pembuatan sampai pengetesannya.

2 Comments

bro, bikinin rangkaian untuk lampu hazard di saat motor kontak on donk

saya udah coba buat rangkaian sesuai tutorial dr youtube tapi malah nyala terus hazardnya..balas ya makasih


EmoticonEmoticon