Rabu, 25 September 2019

Membuat Rangkaian Peredup LED | LED Dimmer circuit

Membuat Rangkaian Peredup LED | LED Dimmer circuit - Dalam artikel ini saya akan membuat rangkaian yang dapat membuat lampu LED bisa diredupkan.
Secara pandangan umum untuk meredupkan sebuah lampu maka dapat dilakukan hanya dengan mengurangi tegangan yang dibutuhkan dari tegangan maksimal lampu tersebut namun nyatanya tidak demikian jika penerapannya untuk lampu LED karena lampu LED akan menyala jika tegangan yang dibutuhkan lampu LED itu tercapai sedangkan jika tegangan kurang dari syarat LED dapat menyala maka LED akan padam tidak meredup.

Baca juga : Membuat Running Text Arduino P10 | Scrolling Text Arduino

Kebutuhan meredupkan LED pada umumnya lebih banyak diterapkan pada backlight TV LCD/LED dan lain-lain.
Lalu bagaimana kah cara untuk meredupkan lampu LED?

Untuk meredupkan LED tidak bisa hanya dengan mengurangi tegangan yang masuk akan tetapi harus dengan tegangan yang tetap namum waktu pemberiannya yang diatur, metode ini dikenal dengan istilah PWM atau Pulse Width Modulation.

Rangkaian PWM akan memberikan tegangan yang tetap namun lebar pulsanya yang berubah-ubah, rangkaian ini umum ditemukan pada sebuah kontrol kecepatan sebuah dinamo DC agar torsi motornya tidak ikut menurun ketika kecepatannya diturunkan.

Baca juga : Membuat Rangkaian Pengatur Kecepatan Motor DC

Kini rangkaian PWM ini bisa diterapkan pada sebuah rangkaian LED agar LED tersebut bisa dikontrol untuk diredupkan.
Dibawah ini saya tampilkan skema beserta layout yang telah saya buat dengan menggunakan IC NE555 yang sangat sederhana namun hasilnya memuaskan.

Rangkaian PWM 24V.

Rangkaian PWM 12V.

Layout Rangkaian PWM.

Bottom Layout PWM.


DOWNLOAD layout siap cetak format PDF.

Rangkaian ini telah saya buat dan saya demonstrasikan dalam video berikut ini.

1 Comments so far

Bagus Bang...request kalau mau digunakan untuk Led supaya bisa 2 output (mungkin harus dengan relay kali ya?)
Jadi kalau dapet triger low misalkan outputnya 10 watt dan kalau dapet triger high menjadi 20 watt...pengen diaplikasikan buat led kendaraan nieh Bang.


EmoticonEmoticon