Kamis, 25 Juli 2019

Membuat Short Circuit Protector Sederhana | Alat anti korsleting


Membuat Short Circuit Protector Sederhana | Alat anti korsleting - Pada artikel kali ini saya akan membuat suatu rangkaian yang cukup sederhana namun fungsional,  dapat melindungi sebuah peralatan elektronika dari kejadian yang tidak diinginkan yaitu terjadinya arus pendek atau korsleting pada rangkaian arus searah atau DC(Direct Current).

Simple Short Protector
Simple Short Protector

Rangkaian ini menggunakan komponen utama yaitu sebuah relay yang berfungsi sebagai pemutus arus apabila terjadi arus pendek atau korsleting, relay ini difungsikan agar bekerja secara mengunci apabila tombol ditekan dan akan melepaskan kunciannya apabila terjadi arus pendek. Sebagai penanda saat kondisi tertentu maka dilengkapi dengan led indikator yang akan menyala mewakili kondisi salah satunya.
Penasaran bagaimana cara kerja rangkaian Short Circuit Protector Sederhana ini?
Dibawah ini saya tampilkan skema beserta layout yang telah saya desain seringkas mungkin dengan ukuran sekitar 39.37mm x 25.40mm menjadikannya terlihat mungil.

Simple Short Protector
Skema Simple Short Protector

Simple Short Protector
Layout Simple Short Protector

Simple Short Protector
Bottom Layout Simple Short Protector

DOWNLOAD layout siap cetak format PDF 

Tidak hanya skema dan layoutnya, dibawah ini saya sertakan video pembuatan dan pengetesan rangkaian Short Circuit Protector Sederhana ini agar kamu bisa melihat bagaimana alat sesedehana ini dapat bekerja sehingga kamu tidak ragu jika ingin juga membuatnya.[terjadwal Senin, 29 juli 2019] 

9 Comments

r3 itu harus pke resistor kramik?

r3 itu harus pke resistor kramik?

r3 itu harus pake resistor kramik?

. kalo untuk power supply variable yang pake regulator stepdown anti shrort dipasang di output regulator atau di input regulator gan????

Mas mau tanya itu kan manual di jadikan otomatis gmn ya?

Kalau untuk power supply buatan tapi untuk servis laptop apa bisa pak?? Karena outputnya 19 v

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.


EmoticonEmoticon