Senin, 17 Juni 2019

Membuat Inverter Sederhana Menggunakan Trafo ATX | Simple Inverter using ATX Transformer


Pada artikel sebelumnya, artikel tentang Pemanas Induksi Sederhana ini, saya telah membuat layout hingga demonstrasinya.

Nah pada kesempatan ini rangkaian tersebut akan saya gunakan kembali untuk membuat sebuah rangkaian lain, yaitu rangkaian inverter sederhana yang menggunakan trafo bekas power supply komputer tanpa harus mengubah lilitannya.

Simple Inverter using ATX Transformer
Simple Inverter using ATX Transformer

Jika telah mencoba membuat rangkaian sebelumnya maka pemasangananya sangat mudah dan sederhana, hanya perlu menyambungkan tiga kabel menuju ke trafonya.

Baca juga : Membuat Solder 12V Sistem Induksi

Penyambungan kabel menuju trafo

Penyambungan menuju trafo [zoom] 

Sesedehana itu? Iya sesedehana itu kok!

Pada video dibawah ini saya demonstrasikan cara pemasangan hingga tes rangkaian yang cukup gampang, keluaran dari trafo ATX langsung saya hubungkan dengan beban lampu pijar 75 watt ataupun lampu LHE yang hasilnya cukup memuaskan.

Cara ini selain digunakan untuk menghidupkan lampu/penerangan bisa juga digunakan untuk kegiatan menyolder tatkala dalam kondisi darurat. Agar lebih cepat panas maka tegangan keluaran dari trafo inverter dapat digandakan hanya dengan menggunakan rangkaian pelipat tegangan yang terdiri dari dua dioda fast recovery dan dua elektrolit kapasitor atau elko sehingga tegangan keluaran menjadi dua kali lipat dari tegangan awalnya.
Ok langsung aja cek cara membuat Inverter sederhana menggunakan travo ATX dalam video berikut ini.

3 Comments

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Bagi Sekema bosqu mau coba coba


EmoticonEmoticon