Senin, 01 Juli 2019

Membuat LED Blink Satu Transistor

Membuat LED Blink Satu Transistor - Umumnya sebuah rangkaian LED blink atau LED kedip atau rangkaian flip-flop paling sedikit menggunakan komponen utama yaitu dua buah transistor untuk bisa menampilkan nyala berkedip secara periodik atau bisa juga menggunakan IC timer NE555, namun untuk keperluan sederhana misalnya untuk sebuah indikator maka bisa dibuat hanya menggunakan komponen utama satu transistor saja ditambah komponen pendukung dua resistor dan elko.

Saya sudah mengaplikasikan rangkaian ini pada sepeda motor sebagai indikator tegangan yang memonitor kelistrikan sepeda motor khususnya memantau kondisi baterai atau aki.

Baca juga : Membuat Sendiri LED Cube 4x4x4 dengan Mudah

Karena rangkaian ini kecepatan kedipannya akan berubah seiring dengan perubahan tegangan yang melewatinya, maka dari itu saya mengaplikasikannya sebagai indikator aki, karena jikalau tegangan aki menurun maka kedipan LED akan melambat namun jikalau tegangan aki sudah penuh kedipan LED akan terlihat sangat cepat.

Rangkaian ini bersumber dari buku elektronik atau PDF Talking Electronics - Transistor Circuits.

Transistor yang bisa digunakan adalah transistor berjenis NPN BC547 atau bisa dicoba transistor lainnya yang mempunyai jenis yang sama namun memang tidak semua transistor berjenis NPN dapat berjalan dengan rangkaian seperti ini maka dari itu jikalau memang tidak menemukan transistor BC547  bisa dicoba-coba dulu transistor lainnya yang berjenis sama.

Baca juga : Membuat Lampu Indikator Perpindahan Posisi Gigi Kendaraan Bermotor Memakai 7 Segment

Untuk interval kedipan dipengaruhi oleh nilai komponen dan tegangan maka dari itu silakan disesuaikan dengan keinginan masing-masing, atau bisa dicoba mengikuti apa yang saya praktekkan pada video dibawah ini.


Nah sangat mudah bukan! Karena rangkaian ini tersusun hanya dengan beberapa komponen saja, namun demikian bisa sangat bermanfaat untuk keperluan indikator yang terlihat berkedip dengan baik meskipun hanya menggunakan satu transistor saja.

1 Comments so far

Makasih infonya,,sangat bermanfaat semoga berkah ilmunya..terimakasih


EmoticonEmoticon