Senin, 24 Juni 2019

Membuat Sendiri LED Cube 4x4x4 dengan Mudah

Pembuatan rangkaian ini berawal dari sebuah mimpi, heh kok kesannya seperti sesuatu yang wah!
Enggak, beneran ini berawal dari sebuah mimpi saat tidur, entah kenapa suatu waktu pada saat tidur saya bermimpi membuat sebuah rangkaian yang bernama LED Cube 4x4x4 versi RGB.

Setelah itu sebenernya tidak ada niatan bikin berhubung bahan baku utama berupa LED RGB tidak tersedia.

LED Cube 4x4x4.

Namun sebenarnya dirumah tersedia banyak LED bening warna merah bekas LED matrix, akhirnya ya udah rencana itu dilaksanakan dengan bahan baku LED satu warna berwarna merah bening.





Untuk membuat LED Cube sebaiknya menggunakan led tidak bening (diffused led), oleh karena itu LED bening yang saya miliki terpaksa saya amplas satu satu agar menjadi LED diffused.




Tidak lupa bahan lainnya adalah kawat tebal untuk rangka LED Cube nya, saya pakai kawat jumper ukuran kurang lebih sekitar 1mm dan komponen utama berupa mikrokontroller Atmega8 sebagai otaknya yang sudah diisi dengan program LED Cube 4x4x4.

Baca juga : Membuat LED Dadu Elektronik - Electronic LED Dice

Proses pembuatan LED Cube diawali dengan membuat cetakan untuk menyusun LED secara matrix, cetakan itu saya buat dari bahan kertas tebal dengan jarak antar LED 1 inch.



Setelah cetakan jadi kemudian dilubangi seukuran LED yaitu 5mm, lalu masukkan sebanyak 16 LED susunan matrix kemudian kaki anoda led disatukan,  setelah selesai menyusun LED secara matrix 4x4 kemudian buat sebanyak 4 untuk bagian layer, sedangkan kaki katoda LED disambungkan vertikal atau kolom, susunlah hingga membentuk kotak atau jadilah susunan LED kubus.







Baca juga : Membuat Alat Kendali Lampu Terjadwal | Programmable Timer Relay - Fareed Read







Kini ada 4 layer dengan polaritas positif dan 16 kolom berpolaritas negatif yang akan disambungkan langsung ke Mikrokontroller atau arduino.

Susunan layer dan kolom LED Cube 4x4x4. 

Untuk tutorial pembuatan LED Cube lebih jelasnya mari kita lihat dalam video dibawah ini.


Untuk kode program Atmega8 bisa di DOWNLOAD disini
Untuk kode program atau sketch arduino bisa di DOWNLOAD disini.


EmoticonEmoticon