Sabtu, 02 Maret 2019

Cara Mudah Mengganti Nama dan Password Bluetooth HC-05


Pada beberapa proyek elektronika yang melibatkan pemrograman seperti proyek-proyek arduino, penggunaan modul bluetooth sudah semakin banyak diterapkan karena memungkinkan untuk mengontrol proyek arduino tanpa kabel (wireless) lewat aplikasi android, sebagai contoh untuk sistem monitoring dan sistem kendali seperti setting jadwal waktu sholat P10, kontrol mobil robot, kontrol wireless starter sepeda motor dan masih banyak lagi proyek yang menggunaan modul bluetooth lainnya.

Namun jikalau kita mempunyai berbagai macam proyek yang menggunaan modul bluetooth tadi yang diterapkan pada masing-masing proyek rasanya akan sedikit kesulitan apabila melihat daftar bluetooth yang namanya sama, untuk itu alangkah lebih baiknya setiap proyek yang menggunaan modul bluetooth memiliki nama masing-masing.

Interface yang ada pada modul bluetooth ini antara lain adalah VCC, GND, TX dan RX. Serta terdapat tombol dan led built in sebagai indikator konektivitas dan status modul bluetooth.

Baca juga : Cara Upload Program ke Mikrokontroller atau Upload Sketch tanpa Board Arduino

Modul bluetooth ini bisa digunakan sebagai mode master/Tx(mengirim) maupun slave/Rx(menerima) serta mempunyai 2 metode konfigurasi yaitu Communication Mode dan AT Mode dimana pada communication mode, modul bluetooth berperan sebagai komunikasi tanpa kabel(wireless) dengan perangkat lainnya sedangkan pada AT mode modul bluetooth ini berfungsi sebagai pengaturan konfigurasi.

Nah untuk mengubah nama dari modul bluetooth ini kita harus masuk pada mode AT, adapun persiapan yang harus dilakukan hanyalah mempersiapkan USBTTL sebagai jembatan penghubung antara modul bluetooth dan komputer.
sambungannya yaitu:

Cara Mudah Mengganti Nama dan Password Bluetooth HC-05
Konektivitas. 

Bluetooth HC-05  <--->  USBTTL

VCC  <---  VCC
GND  <---  GND
TX  --->  RX
RX  <---  TX

Setelah penyambungan selesai saatnya masuk pada mode AT, caranya sebagai berikut :

Cara Mudah Mengganti Nama dan Password Bluetooth HC-05 proses masuk at mode
Proses masuk AT Mode. 

Tekan dan tahan tombol pada modul bluetooth lalu tancapkan USBTTL ke komputer, maka led indikator pada modul bluetooth akan berkedip interval sekitar 2 detik dan itu menandakan bahwa telah sukses masuk AT mode.

Baca juga : Cara Menghidupkan Kembali Atmega yang Mati Suri atau Tidak Respon

Setelah itu buka serial monitor, pilih port yang digunakan, pilih baud rate 38400, disampingnya ubah dari "no line ending" ke "both NL&CR".
Ketik AT, jikalau respon OK maka bluetooth siap menerima instruksi selanjutnya.

Untuk mengganti nama bluetooth ketik

AT+NAME=nama yang diinginkan

Cara Mudah Mengganti Nama dan Password Bluetooth HC-05 serial monitor
Ketik di serial monitor. 

Contoh :
AT+NAME=Fareed Read

Maka nama modul bluetooth menjadi
Fareed Read.

Jikalau sudah selesai dan ingin keluar dari AT mode maka pada serial monitor ketik

AT+RESET

maka setelah itu modul bluetooth akan keluar dari AT mode dan berganti menjadi communication mode serta siap untuk menerima/pairing dari perangkat lain.

Untuk list AT mode, PDF-nya bisa di download disini.

Jika masih kurang paham silakan lihat video yang saya praktekkan dibawah ini.


EmoticonEmoticon