Selasa, 12 Maret 2019

Membuat LED Chaser Bolak-balik Menggunakan IC CD4017 dan IC NE555


Pada proyek sebelumnya saya telah membuat rangkaian LED chaser/LED meteor/LED sein jetbus dengan menggunakan IC Shift Register yang berbeda-beda diantaranya jenis TTL 74HC164 dan 74HC595 serta dari jenis CMOS CD4094 dengan tujuan menyajikan alternatif pilihan agar lebih fleksibel dalam pemilihan komponennya karena nyatanya disuatu tempat belum tentu suatu jenis IC tertentu dapat tersedia. Hal itu saya lakukan atas inisiatif dan permintaan rekan-rekan DIYer yang ingin mencobanya.
Pada kesempatan lain ada permintaan rangkaian yang hampir mirip seperti lampu LED meteor namun nyalanya bolak-balik, setelah saya pelajari apa yang dimaksudnya saya putuskan pemilihan IC jatuh kepada IC Decade Counter CD4017.

LED Chaser Bolak-balik Menggunakan IC CD4017 dan IC NE555
LED Chaser IC CD4017.

Sebenarnya dulu saya pernah merancang rangkaian ini dan sudah diimplementaskan pada kendaraan(mobil) dengan memakai lampu LED strip 12V untuk variasi lampu saat pengereman dan sampai saat ini masih dipakai.

Nah kebetulan kali ini ada permintaan rangkaian yang sama maka saya buatkan sekaligus dengan penambahan mode lainnya.

Untuk itu saya desain ulang skema dan layoutnya agar menjadi lebih baik dari sebelumnya, rapi, kompak tentunya mudah dibuat.

Baca juga : Membuat Strobo Menggunakan Dua IC NE555

Berikut ini skema, layout hingga demonstrasinya.

skema LED Chaser Bolak-balik Menggunakan IC CD4017 dan IC NE555
Skema LED Chaser IC CD4017.

 LED Chaser IC CD4017
Layout LED Chaser IC CD4017

 LED Chaser IC CD4017
Bottom Layout LED Chaser IC CD4017

DOWNLOAD layout siap cetak format PDF/gerber.

3d LED Chaser Bolak-balik Menggunakan IC CD4017 dan IC NE555
3D LED Chaser IC CD4017.

Inilah videonya


Dibawah ini merupakan skema yang sudah ditambahkan transistor penguat untuk digunakan dengan beban sesuai kebutuhan.

Skema + penguat. 

Dan inilah cara menambahkan transistor penguat pada rangkaian diatas. 

7 Comments

mas klo misalnya pngen ngset jadi nyala ke arah kanan/iri doank via jumper bs?
yg mana yg harus drubah?

bisa di cek di artikel membuat lampu jetbus menggunakan ic 74595

Layout PCB nya kaga bisa di download...?????

Mas,apakah bisa pake baterai 9v untuk rangkaian tersebut?

Mas,apakah bisa pake baterai 9v untuk rangkaian trsebut?

Mas,apakah bisa pake baterai 9v?

Bang saya mau beli yg sudah jadi yg sudah d Rakit LED berjslan bolak balik Kya kghit rider,itu kira kira kena berapaan ?


EmoticonEmoticon