Jumat, 17 Mei 2019

Cara Upload Program ke Mikrokontroller atau Upload Sketch tanpa Board Arduino

Dalam artikel ini saya akan coba menyajikan bagaimana cara upload program atau lebih populer disebut sketch arduino kedalam mikrokontroller atmega 328 dengan hanya mengggunakan minimum sistem tanpa menggunakan board arduino.

Cara Upload Program ke Mikrokontroller atau Upload Sketch tanpa Board Arduino
Cara upload program arduino tanpa board arduino. 

Ini merupakan sebuah alternatif khususnya bagi yang baru belajar arduino namun belum memiliki board arduino.

Led blink arduino
Led Blink.

Baca juga : Membuat Stik Tester Analyzer (PlayStation Controller Tester)

Didalam Arduino IDE selain fungsi utamanya bisa upload sketch langsung ke board arduino namun bisa juga mengekspor hasil kompilasi sketch atau program kedalam bentuk file heksa(Hex file) yang artinya file ini adalah suatu file program yang telah siap langsung diupload atau dimasukan kedalam mikrokontroller, dalam hal ini adalah mikrokontroller atmega328(Arduino uno).

Jam Waktu Sholat
Jam Waktu Sholat. 

Cara ini sudah saya lakukan sejak mengenal arduino, kita hanya butuh sebuah usbasp sebagai salah satu sarana penghubung antara komputer dengan mikrokontroller sisanya adalah minimum sistem dan sebuah program komputer atau AVR programer seperti bitBurner, Khazama, Extreme Burner dan lain sebagainya, pilihlah sesuai selera dan kebutuhan.

Baca juga : Membuat Alat Kendali Lampu Terjadwal | Programmable Timer Relay - Fareed Read

Dengan kemudahan ini, meskipun kita tidak punya board arduino akan tetapi kita masih bisa melakukan pemrograman arduino tanpa kendala.

Programmable timer relay
Programmable timer relay. 

Dibawah ini telah saya praktekkan didalam sebuah video supaya lebih mudah dalam mempelajarinya, marilah kita simak video berikut ini: [terjadwal]


Itulah video cara upload program arduino kedalam mikrokontroller atmega 328 dengan hanya mengggunakan minimum sistem tanpa menggunakan board arduino.

Semoga video ini dapat bermanfaat khususnya bagi Anda yang baru belajar arduino namun belum memiliki board arduino.

Selamat berkarya!

2 Comments

Bg boleh minta rangkaian minimum system atmega 328p nya


EmoticonEmoticon