Sabtu, 15 April 2023

Membuat Cas Aki Otomatis Menggunakan IC LM3914

 Saat tidak ada proyek yang akan dikerjakan, iseng buka kotak tempat penyimpanan berbagai macam IC lalu saya melihat ada dua buah IC LM3914 dan dua buah IC LM3915 jadi total ada empat IC dengan fungsi yang serupa yaitu umumnya dipakai sebagai indikator volume unit (VU) meter. IC ini mempunyai 10 keluaran yang dapat dihubungkan langsung dengan led tanpa perlu menambahkan resistor pembatas arus, semua keluarannya aktif low, dengan pilihan keluarannya bisa dot atau bar. Untuk bisa digunakan sebagai VU meter, IC ini hanya perlu sedikit komponen tambahan berupa resistor sebagai pengatur arus untuk led keluarannya.


Dengan fungsi dapat menampilkan bar graph, selain digunakan sebagai VU meter maka IC ini dapat kita manfaatkan juga sebagai battery level indicator atau indikator level tegangan yang digunakan untuk mengontrol tegangan baterai melalui tampilan urutan led atau bahkan bisa dimanfaatkan juga sebagai Auto cut off charger atau charger baterai otomatis dengan cara led terakhir digunakan sebagai batas atas untuk memutus aliran listrik melalui sebuah relay.


Baca juga : Charger otomatis untuk aki motor atau aki mobil - Auto cut off charger 


Baiklah akan saya gambarkan skemanya, yaitu kombinasi antara indikator level baterai ditambah fitur cut off yang diambil dari led terakhir untuk mengaktifkan relay.


LM3914 +Relay
Skema LM3914 +Relay 

Nah dari skema diatas saya buat layoutnya dengan single layer supaya apabila ada yang ingin membuat sendiri pcbnya bisa menirunya dan juga dimensinya yang lumayan cukup kecil, nah rangkaian ini bisa juga difungsikan seperti aslinya yaitu sebagai VU meter dimana input untuk audio dimasukkan ke pin 3 trimpot pertama dengan melepaskan dulu resistor 56K, berikut ini layout yang telah saya desain. 


Layout LM3914 +Relay
Layout LM3914 +Relay 

Karena layoutnya sudah jadi maka tidak afdol rasanya jika tidak dibuat pcbnya dan direalisasikan, untuk itu karena kemudahannya seperti biasa saya akan cetak pcbnya di situs PCBWay.com
Saya pilih cetak pcb ke situs PCBWay karena banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan di antaranya adalah harganya hanya 5 dollar saja untuk 5 sampai 10 pcs PCB prototype, proses pembuatan yang sangat cepat sekitar 24 jam, pelayan memuaskan dan juga tentunya kita akan mendapatkan hasil pcb dengan kualitas premium disamping itu untuk yang baru pertama kali daftar akun PCBWay maka akan diberikan saldo welcome bonus sebesar 5 dolar untuk biaya cetak pcb jadi tunggu apa lagi ayo daftar akun PCBWay sekarang juga. 

PCB from PCBWay
Klik menuju file gerber nya


Untuk pendaftar akun pertama 


Untuk file gerber dari layout ini bisa di download atau pesan langsung ke PCBWay, silakan cek file gerber nya disini

Setelah kurang dari seminggu yaitu dari pertama pemesan ditambah waktu pengiriman maka pcb yang saya pesan di situs PCBWay sudah saya dapatkan dan segera saya pasang komponen yang diperlukan hingga hasilnya menjadi seperti ini. 


VU Meter LM3914 + Relay Depan
VU Meter LM3914 + Relay Depan 

VU Meter LM3914 + Relay Belakang
VU Meter LM3914 + Relay Belakang


VU Meter LM3914 + Relay
VU Meter LM3914 + Relay 

Rangkaian ini merupakan sebuah rangkaian vu meter yang menggunakan IC LM3914 dimana led paling akhir digunakan untuk mengontrol atau mengaktifkan relay sehingga ketika led sudah mencapai bar terakhir maka relay aktif untuk memutuskan jalur yang akan dikontrol dalam hal ini adalah jalur listrik ataupun bisa juga jalur power supply itu sendiri, selain itu ada dua trimpot, trimpot yang pertama untuk pengaturan sensitivitas input dalam hal ini tegangan power supply atau nantinya jika akan digunakan sebagai vu meter maka resistor yang menuju jalur positif dilepaskan lalu dijadikan sebagai input audio.


Kemudian trimpot yang kedua merupakan pengaturan untuk led terakhir dimana dapat diatur untuk tegangan yang diinginkan misalnya pada saat led terakhir menyala maka tegangan input nya berada pada nilai 14.2V maka trimpot ini sebagai pengaturannya. Jadi dengan trimpot ini kita bisa menentukan batas cut off untuk baterai yang akan di cas misalnya lithium ion biasanya sampai 12.6V, baterai kering biasanya 13.8V atau baterai basah bisa sampai 14.2V tergantung jenis baterai yang digunakan, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada video berikut ini. 




EmoticonEmoticon