Sabtu, 04 September 2021

Membuat Scrolling text NEOPIXEL RGB

Matrix Neopixel WS2812B
Matrix Neopixel WS2812B 

Ketika berkunjung ke situs PCBWay saya seringkali melihat-lihat halaman Gift Shop yang menyediakan berbagai macam modul/rangkaian elektronika mulai dari pcb dot matrix, Arduino, Raspberry, modul sensor-sensor, alat ukur, kit DIY dan banyak macam lainnya. Kesemuanya itu dapat ditukar oleh nilai beans yang bisa kita dapatkan melalui program-program/event-event yang selalu diadakan oleh PCBWay itu sendiri selain itu kita bisa mendapatkan beans tersebut dengan cara share project dan melalui bonus orderan.


Berbagai macam modul yang bisa kita dapatkan di PCBWay
Berbagai macam modul yang bisa kita dapatkan di PCBWay

Pada saat order pcb saya juga sudah mengumpulkan beberapa modul dot matrix ws2812b 8x8 atau sering disebut neopixel atau juga neomatrix pada setiap orderannya sehingga sudah terkumpul sekitar sembilan keping atau sembilan modul led matrix ws2812b tersebut, pada saat saya coba menggunakan Arduino dan library adafruit semua modul tersebut menyala dengan baik namun ketika saya akan mencoba menyambungkan beberapa modul secara seri, modul selanjutnya tidak dapat menyala hanya modul pertama yang bisa menyala, hal itu membuat saya bertanya tanya kok bisa ya? Padahal semua perkabelan sudah sesuai. Usut punya usut ternyata pin DOUT pada modul neomatrix tersebut salah cetak dan tertukar dengan pin GND alhasil modul selanjutnya jika dihubungkan secara seri tidak akan bisa menyala. Dibawah ini saya tampilkan video yang menjelaskan tentang kesalahan cetak pinout tadi, mari kita simak dulu videonya.



Nah setelah permasalahan tadi selesai barulah bisa saya merakit beberapa modul secara bersamaan hingga tersusun empat modul sekaligus dan hasilnya memuaskan untuk tampilannya, namun sayangnya untuk perkabelannya sedikit agak tidak sedap dipandang karena perkabelannya terlihat kurang rapi, untuk itu saya berpikir cara bagaimana agar bisa memasang beberapa modul dengan hasil yang rapi.


Dalam pikiran terlintas untuk membuat pcb agar nanti pemasangan modul matrix nya bisa lepas pasang dengan mudah dengan itu saya mulai merancang desain layout menggunakan software eagle yang nantinya layout yang sudah saya desain bisa dikirim ke PCBWay untuk difabrikasi karena untuk kebutuhan sembilan modul dot matrix ws2812b cukup hanya $5 saja saya bisa mendapatkan 10 keping pcb untuk perakitan tersebut. Apalagi produksi pembuatan PCB nya cukup cepat hanya sekitar 24 jam saja pcb sudah selesai dibuat. Keren kan? Jika kamu tertarik mencetak pcb di PCBWay apalagi untuk yang pertama kali maka kamu bisa mendapatkan $5 untuk biaya pemesanan pertama, jadi tunggu apa lagi segera daftar akun PCBWay sekarang juga.


Daftar akun PCBWay
Daftar akun PCBWay 

Klik join untuk daftar akun PCBWay
Klik join untuk daftar akun PCBWay 

PCB modul matrix neopixel
PCB modul matrix neopixel 

Setelah pcb saya dapatkan, langsung saya rakit semuanya sehingga menjadi satu pcb yang lumayan cukup panjang dan tentunya cukup untuk sembilan modul dot matrix ws2812b yang saya miliki. Inilah tampilan setelah saya rakit semuanya.


scrolling text neopixel rgb
scrolling text neopixel rgb

Tidak lupa saya sertakan video perakitan dan tampilan running text atau scrolling text pada modul rakitan dot matrix neopixel ws2812b sebanyak 576 pixels dibawah ini.




EmoticonEmoticon