Senin, 08 Maret 2021

Membuat Power Amplifier 180 Watt Quad Bridge TDA7388

Membuat Power Amplifier 180 Watt Quad Bridge TDA7388 - Berawal dari permintaan dibuatkannya sebuah amplifier dadakan untuk keperluan mengumandangkan adzan, maka saya cari sebuah amplifier yang ada saat itu, kebetulan dirumah ada sebuah amplifier bekas audio mobil dengan IC HA13158 berkekuatan 35 watt perchannel kemudian saya buat juga pre am mic yang diumpankan ke pre amplifier menggunakan IC TL072 alhasil lumayan cukup lantang digunakan.


Amplifier TDA7388
Amplifier TDA7388


Setelah sekian lama digunakan terjadilah gangguan yang menyebabkan tidak bisa digunakan lagi, setelah dicek ternyata hanya gangguan pada konektor sekering yang sedikit korosi. Karena sekering masih baik kemudian saya pasang kembali dan dapat digunakan kembali. Namun setelah sekian lama penyakit lama muncul kembali dan tanpa pikir panjang sekering saya jumper aja karena mengingat penggunaan yang tidak lepas pasang, singkat cerita rangkaian dipasang kembali dan IC dijepit dengan logam penjepit ke heatsink kemudian dipasang juga penutupnya dan tes namun kok hasilnya serak, ada apa nih? Sialnya ternyata penjepit IC yang berbahan logam mengenai beberapa dari kaki IC hasilnya IC rusak deh. 


Baca juga : Panduan Lengkap Membuat Berkas Gerber di Eagle


Untuk mengganti IC HA13158 yang rusak tadi saya coba cari di online shop dengan harga yang lumayan juga. Saat itu saya coba alternatif pengganti yang sedikitnya bisa menyamai spesifikasinya namun dengan harga yang bersahabat dan tertuju pada IC Quad Bridge TDA7388, setelah saya cek datasheetnya ternyata dayanya lumayan tinggi melebihi daya IC HA13158 yang berkekuatan 32 Watt perchannel. Daya output dari IC TDA7388 berkekuatan 45 Watt perchannel di datasheetnya dengan catu daya single supply, jadi saat darurat masih bisa dinyalakan menggunakan baterai. 


Datasheet TDA7388
Datasheet TDA7388 

Skema Datasheet TDA7388
Skema Datasheet TDA7388 


Oke pilihan sudah jatuh pada IC Quad Bridge TDA7388 selanjutnya tinggal merancang layout setelah membaca skema di datasheetnya. Namun kemudian kendala selanjutnya ada pada kemasan flexiwatt25 yang memaksa membuat layout dengan jalur yang tipis untuk beberapa kaki terutama untuk jalur kaki input, itu akan menemukan kendala saat membuat PCB sendiri, untungnya saya mempunyai tempat untuk mencetak PCB kualitas tinggi yang bisa merealisasikan layout yang dibuat untuk amplifier ini yaitu PCBWay.com


Layout Amplifier Quad Bridge TDA7388
Layout Amplifier Quad Bridge TDA7388


Karena kurang teliti sebelum dicetak dan karena revisi layout yang berulang-ulang, ada sedikit kesalahan label yang saya buat dan itu tertukarnya posisi VCC dan GND yang harus segera diperbaiki karena akan beresiko terhadap rangkaiannya. 


Salah meletakkan label
Salah meletakkan label


Setelah PCB diterima, saya merasa puas dan senang sekali, berikut ini hasil cetakan dari PCBWay. 


PCB Amplifier TDA7388
PCB Amplifier TDA7388 

PCB Amplifier TDA7388
PCB Amplifier TDA7388 

Di PCBWay cukup dengan $5 saja saya bisa mencetak 10 keping PCB, kamu pun bisa mendapatkan hal yang sama seperti saya dan gratis untuk pertama kalinya dengan mendaftar akun PCBWay disini. 


Daftar akun PCBWay
Daftar akun PCBWay

Daftar akun PCBWay
Join PCBWay


Setelah PCB saya dapatkan, kemudian saya rakit dengan mengisi komponen yang dibutuhkan hasilnya benar-benar memuaskan. PCB pertama saya pasang pada amplifier pengganti yang menggunakan IC HA13158 yang rusak tadi kemudian sisanya saya akan buat untuk proyek home theater 5.1 sebagai amplifier untuk front dan rear kemudian juga bisa untuk subwoofer. Atau kedepannya cocok dan bisa juga untuk amplifier 2.1 


Baca juga : Catatan Pengalaman Membuat PCB mulai dari PCB Amatir hingga PCB Profesional - PCBWay 


Untuk mengobati penasaran, dibawah ini saya tampilkan video lengkapnya mulai dari perakitan hingga tes rangkaiannya, simak videonya berikut ini.



3 Comments

Layout pcb dan komponen tidak dicantumkan mas?

Boleh beli PCB TDA 7388 dan pcs 5.1 nya mas?mohon info ke wa 0821 1695 2435.thank

Klo mau di bridge jdi 2.1 gmna mas?cara bridge nya,


EmoticonEmoticon