Minggu, 03 Mei 2020

Rangkaian Adjustable Power Supply IC LM317 1.2V - 37V 10A


Rangkaian Adjustable Power Supply IC LM317 1.2V - 37V 10A - Dalam kegiatan praktek elektronika sering kali kita membutuhkan catu daya yang tegangannya dapat diatur sehingga bisa digunakan untuk berbagai macam rangkaian yang berbeda beda kebutuhan catu daya nya. Nah untuk itu saya bikin rangkaian catu daya yang tegangannya dapat diatur mulai dari 1.2V hingga maksimal 37V dengan tegangan masukkan maksimal 40V. Rangkaian ini menggunakan IC LM317 yang kemampuan arus nya sekitar 1.5A namun pada rangkaian ini kemampuannya sudah ditingkatkan menjadi lebih besar dengan menambahkan sebuah transistor penguat. 

Dalam kegiatan tersebut kebutuhan catu daya sangatlah bermacam-macam nilai tegangan yang dibutuhkannya tergantung rangkaian yang sedang diuji atau dikerjakan misalnya, ada rangkaian yang membutuhkan tegangan 5 volt, ada juga rangkaian yang membutuhkan 12 volt atau misalkan ingin menguji lampu LED yang hanya membutuhkan tegangan sekitar 3 volt dengan demikian kita harus mempunyai banyak catu daya agar kegiatan ngoprek dapat berjalan lancar.

Adustable Power Supply LM317
Adustable Power Supply LM317

Adakah solusi untuk masalah itu agar tidak memerlukan banyak catu daya tersebut?
Solusinya adalah dengan membuat catu daya yang keluarannya dapat bervariasi, dengan begitu kita tidak perlu menyediakan banyak catu daya, namun hanya dengan satu catu daya bervariasi kita dapat memenuhi semua keperluan catu daya untuk kegiatan ngoprek elektronika tersebut. Yaitu dengan sebuah IC regulator LM317 yang keluarannya dapat bervariasi tergantung keinginan kita.


Didalam datasheet IC LM317, IC ini mempunyai keluaran yang dapat diatur mulai dari 1.2V hingga maksimal 37V dengan arus keluaran sekitar 1.5A dan dengan tegangan masukkan maksimal 40V.

 Arus keluaran dapat diperbesar dengan cara menambahkan transistor penguat tambahan namun transistor ini perlu pendingin yang cukup agar bisa menghantarkan panas yang dihasilkan ketika dipakai oleh beban yang cukup berat.


Dibawah ini saya tampilkan skema yang sudah ditambahkan transistor penguat agar penggunaan catu daya bervariasi ini dapat digunakan untuk berbagai macam proyek yang kita kerjakan. Dengan ditambahkannya transistor penguat ini catu daya ini kini mampu mengeluarkan arus hingga 10A.


Inilah skema beserta layout yang telah saya buat.

Skema Adjustable Power supply
Skema Adjustable Regulator LM317

Adjustable Regulator LM317
Layout Adjustable Regulator LM317

Adjustable Regulator LM317
Bottom Layout Adjustable Regulator LM317 

DOWNLOAD layout siap cetak format PDF dan file gerber.

Berikut ini video tes rangkaian catu daya bervariasi atau Adjustable power supply menggunaan IC LM317.

10 Comments

Request rangkaian MBR short killer 15A utk perbaikan hp dan laptop om 😋

saya pernah coba rangkaian mirip ini tapi gagal, voltase langsung tinggi, bisa saya yang salah waktu merakit, bisa rangkaian yang saya lihat, ato komponennya mungkin?, saya tdk tau pasti n saya lupakan.
terus saya coba rangkaian lain, tapi transistornya yang NPN, yang 2N3055, outputnya LM317 masuk ke basis, outputya emitor, dan behasil, habis ini saya coba rangkaiannya om ini.
kalo yg rangkaian http://www.bristolwatch.com/ele/img/lm317.gif gimana menurut omnya?, kekurangan n kelemahannya apa ya om?
sempat temukan artikel, sebenarnya rangkaian ini salah.
yang benar ya yg seperti punya anda om, tp saya masih gagal waktu itu.

Kemungkinan ada kesalahan saat menentukan urutan kaki LM317, sebab urutannya berbeda dengan Regulator fixed seri 78xx.
Untuk testimoni nya tunggu aja tayangan videonya hari senin mendatang dichannel Fareed Clarity

Kang, bisa ditambahkan pengukuran arusnya?

saya sudah sering membuat rangkaian ini. dengan trapo 5A tidak pernah tercapai arus output 5A.

seringnya ic atau tr atau trapo yang mati jika beban perlu arus besar.

output 10A, harus pakai trapo berapa Ampere & sebesar apa fisiknya?

Kalau transistor penguat diganti jenis NPN (misalnya TIP31) skemanya jadi gimana ya?

Maksudnya untuk jalur tr NPNnya itu gimana? Terima kasih

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

om guru, saya coba membuat rangkaian ini, sama persis dan work, tapi masalahnya kalau out di bei beban, lm317 nya ikut hangat agak panas, apakah itu normal om guru, mengingat saya pernah bikin dengan tr 3055 lm317 nya tetap adem walau di beri beban

dan satu lagi om, lm317 kan sudah di lengkapi short proteksi, nah...kalau di beri penguat transistor apakah short proteksi nya masih berfungsi om ?, atau transistornya akan rusak bila outnya short
mohon tausiyah dan caci makinya om guru...🙏🙏🙏🙏🙏🙏

Mau beli alatnya...rencana mau rakit sendiri...boleh gak??

Sy sudah coba merakit ujicoba, tp baru diberi beban tdk sampai 1 Ampere transistor sudah panas sampai 50oc. Apa nasalahhya ya?

Ijin bos.. Saya mau coba...


EmoticonEmoticon