Selasa, 28 November 2017

Memanfaatkan Harddisk Bekas Menjadi Gerinda Mini

Yah kali ini saya ingin menunjukan bagaimana membuat barang bekas bisa menjadi bermanfaat.

Barang yang dimaksud adalah sebuah Harddisk bekas lawas. Benda ini akan saya manfaatkan sebagai gerinda mini, tentunya sangan bermanfaat untuk menghaluskan pinggiran PCB juga meratakan setiap pinggirannya.

Meski ukurannya mini,  gerinda ini mampu untuk menghaluskan logam misalnya, meratakan ujung obeng bahkan mata bor patah bisa dibentuk lagi.

Baca juga : Membuat Pemanas Induksi atau induction Heater

Namun dibalik itu tentunya ada juga kelemahannya yaitu tenaganya. Jadi meskipun kecepatannya sangat cepat namun tenaganya lemah, siasatnya dengan menambahkan berat pada piringannya supaya ada tambahan tenaga ketika berputar kencang.

Dinamo Harddisk menggunakan dinamo BLDC jadi ada 4 sambungan untuk dinamo tersebut, satu sambungan untuk coil driver utama dua sambungan lainnya untuk coil picuan.

Untuk putaran awal perlu diputar tangan sedikit, jikalau kurang peka maka kapasitas kapasitor 22n bisa di naikan nilainya misalnya menjadi 220n, maka putaran awal bahkan bisa langsung berputar.

Supply tegangan menggunakan baterai 12V, bisa aki atau yang paling simpel dan ringan yaitu baterai lithium ion bekas baterai laptop atau sejenisnya seperti yang saya gunakan pada video dibawah ini.

Baca juga : Membuat Solder 12V Sistem Induksi

Simak skemanya dibawah ini.

*cap = 220n






Jika penasaran bagaimana cara merakitnya mulai dari mengumpulkan bahan hingga menjadi gerinda, simak videonya dibawah ini. 


21 Comments

maaf mas mau nanya klo di rangkaian yg sudah jadi ada dioda, tpi di skema kok ngga ada ya, jalur dioda nya di mana ya, maaf newbie pengen nyoba buat rangkaiannya :)

Dioda dipakai hanya sebagai alat anti terbalik, jikalau salah polaritas baterai maka rangkaian tidak bekerja, jadi aman, pemasangan nya sebelum rangkaian

Klw di buat pengatur putarannya bisa bg

Gan minta foto detail gambar penyolderan sama penempatan komponennya gan . Sy coba beberapa kali belum berhasil gan . Tolong dibantu gan

Udah ditonton full video perakitannya?
Disitu ditampilkan penyolderan beserta letak kpmponennya.
Tapi jikalau belum jelas nanti saya update lagi

Mantep banget A Eksperimennya, 👍👏

itu drivernya bs buat nyalain dinamo bldc sepeda listrik gan?

Kalau pin nya sama kemungkinan bisa

mas, mau tanya klo 3 pin yang konek ke motor piringannya gimana modulnya? mhon pencerahannya. terima kasih

Klo yg 3 pin harus pake ESC, rumit rangkaiannya

bang yg ini gak ada desain pcb nya ya? bisa minta tolomg buatin bang, masih agak binggung letak jalurnya bang, yg di video sebelah mosfet kabelnya merah, tpi foto diatas sebelah mosfet kabelnya kuning

Cek aja di videonya, karena gambar adalah pembuatan sebelumnya, sedangkan divideo bikin lagi jadi kabelnya berbeda

Bang maaf bisa sambil di kasih tau gitu penyolderannya dari kaki no berapa ke berapa gtu biar jalas, buat saya yg pemula mah masih bingung. Sya udah putar hampir 10x di YouTube nya tp masih belum paham karna kurang jelas,

Ka maaf ni saya baru belajar, saya kalo pake sekema kaya gitu ngga paham karna orang awam. Bisa minta tolong di buatin lagi ngga?? Tapi tanpa pcb. Kalo ngga sekemanya pake gambar langsung dan jalurnya di perjelas ka, soalnya saya pengen belajar dan udah saya subscribe chanel nya.

Dedy : digambar skema atas pada lambang lilitan dikasih tanda A B C dan D, A adalah pin common nya

Sangat bermamfaat ..terima kasih kk

Ada email atau kontak yg bisa d hubungi?

bisa email sy di fiant.it@gmail.com
klo bisa bantu nanti sy donasi
thx

ada kontak yg bisa dihubungi? sy mau donasi..

Fiant : terima kasih sebelumnya atas dukungannya.
Untuk contact person bisa dibuka bagian bawah blog atau bisa langsung ke email fareed.read@gmail.com


EmoticonEmoticon