Sabtu, 22 Februari 2020

Membuat Cas Aki Otomatis dengan mudah dan murah

Membuat Cas Aki Otomatis dengan mudah dan murah - Menanggapi beberapa permasalahan yang terjadi setelah pembuatan rangkaian cas aki otomatis pada artikel sebelumnya yang saya desain dengan perhitungan rumus sehingga penggunaan resistor  nilainya harus tepat untuk dapat bekerja sesuai yang diharapkan, untuk itu saya akan desain ulang dengan tujuan selain jumlah komponen berkurang juga agar mudah dibuat namun tetap fungsional sebagai mana mestinya seperti rangkaian cas aki otomatis pada artikel sebelumnya.

Baca juga : Cas Aki Otomatis | Adjustable Automatic Charger

Perubahan yang paling utama adalah dari sisi penggunaan resistor variabel (variable resistor (VR) / trimpot), dimana resistor ini kini disarankan untuk menggunakan jenis multiturn agar pengaturannya lebih halus juga lebih tepat dalam menentukan batas tegangan yang diinginkan, dengan menggunakan trimpot jenis ini saya bisa menghilangkan empat buah resistor pendukung seperti yang saya gunakan pada rangkaian sebelumnya.

Cas Aki Otomatis
Gambar 3D Cas Aki Otomatis. 

Automatic Battery Charger 555
Automatic Battery Charger 555

Pada rangkaian kali ini saya juga menghilangkan regulator untuk IC NE555 dan hanya menggantinya dengan dioda, dengan catatan tegangan untuk rangkaian ini tidak boleh lebih dari 18V karena nilai absolute maximum ratings dari IC NE555 adalah sebesar 18V, output pin 3 dari IC NE555 langsung digunakan untuk menggerakkan relay 12V yang sudah dipasang dioda pengaman dari tegangan spike yang akan terjadi akibat dari kontak koil relay.

Baca juga: Charger otomatis untuk aki motor atau aki mobil - Auto cut off charger

Nah dengan diadakannya revisi rangkaian cas aki otomatis ini menjadi lebih sederhana, diharapkan sudah tidak ada lagi permasalahan kegagalan dalam pembuatan cas aki otomatis ini.

Dibawah ini saya tampilkan skema beserta layout yang telah saya buat dengan seminimal mungkin agar rangkaian lebih kompak dan rapih namun tetap fungsional, layout ini saya buat sebagai acun saran buat yang ingin mencoba membuatnya.
Semoga berhasil dan bermanfaat.

Automatic Battery Charger 555
Layout Automatic Battery Charger IC NE555

Automatic Battery Charger 555
Bottom Layout Automatic Battery Charger 555

Wiring diagram Automatic Battery Charger 555
Wiring diagram Automatic Battery Charger IC NE555


DOWNLOAD layout siap cetak format PDF/ file gerber.

Selain digunakan untuk cas aki, rangkaian ini juga bisa dipakai untuk cas baterai li-ion 3.7V yang diseri 3 menjadi 11.1V dengan batasan cut off pada tegangan 14.2V.

Nantikan video test nya!


Untuk cara kalibrasinya bisa dilihat pada video berikut ini.

11 Comments

Cara pengkoneksiannya gimana ya kak untuk yang ini?

Boleh minta skemanx scr detail mas?

When you connect it to the battery, you will see that it does not detect and work.

When you connect it to the battery, you will see that it does not detect and work.

Bahattin : faulty statement, when battery connected, voltage input will follow the voltage of battery, check the video calibration

Ini link download pdf nya ngak ada gan

Untuk nilai dioda zenernya itu berapa vol

Line out dan in nya membingungkan

Relay nya pakai yg 24v bisa gak bang?

bro max brp vac out trafo yang di anjurkan Apakah di 15 vac bisa?


EmoticonEmoticon