Jumat, 24 Januari 2020

Bongkar Rahasia Rangkaian Lampu Otomatis Penerangan Jalan

Pernah gak kamu penasaran bagaimana cara untuk menghidupkan atau mematikan sebuah lampu penerangan jalan?
Nah dalam artikel ini saya akan bongkar rahasia dari sebuah alat yang otomatis dapat menghidupkan atau mematikan sebuah lampu penerangan jalan secara terus menerus selama alat tersebut masih berfungsi.

Lampu penerangan jalan
Lampu Otomatis Penerangan Jalan. 

Apa sih yang membuat alat tersebut otomatis menghidupkan atau mematikan sebuah lampu penerangan jalan? Jawabannya ada sebuah alat yang berisi komponen utama sebuah LDR, komponen LDR ini adalah sebuah komponen yang sensitif nilai hambatannya terhadap cahaya. Ketika cahaya mengenai permukaan LDR maka nilai hambatannya akan berkurang sedangkan apabila gelap atau malam hari maka nilai hambatan LDR ini akan bertambah.

Baca juga  : Membuat Alat Kendali Lampu Terjadwal | Programmable Timer Relay

Dengan tambahan komponen pendukung lainnya maka didapatkan sebuah rangkaian yang dapat mengendalikan nyala sebuah lampu terhadap perubahan antara siang dan malam. Pada artikel sebelumnya saya telah membuat rangkaian serupa yang menggunaan IC timer NE555, silakan buka kembali artikelnya yang disana juga terdapat skema, layout bahkan video pembuatannya.


Baca juga : Membuat Lampu Otomatis LDR Padam Siang Menyala Malam versi Relay

Agar tidak penasaran saya akan bongkar rangkaian tersebut kemudian akan saya tuliskan skemanya biar kita dapat belajar bersama bagaimana alat tersebut bisa berfungsi dan tahan untuk waktu jangka panjang, dibawah ini saya tampilkan video pembongkaran alat tersebut.


Dan inilah skemanya yang telah saya tuliskan

Skema lampu otomatis penerangan jalan
Skema lampu otomatis penerangan jalan. 


EmoticonEmoticon