Senin, 06 Mei 2019

Cas Aki Otomatis dan Low Voltage Disconnect Pasangan Cocok Pelindung Aki atau Baterai

Seperti kita tahu peranan Aki atau baterai sangat penting untuk berbagai keperluan
penunjang aktivitas manusia dalam berbagai hal kebutuhan, beberapa contoh peralatan yang sangat bergantung pada penggunaan aki atau baterai diantaranya adalah solar panel yang membutuhkan aki sebagai sarana penyimpanan energinya, UPS memanfaatkan aki atau baterai sebagai tenaga back-upnya, inverter ditenagai aki atau baterai, bahkan sepeda motor atau mobil pun menjadikan barang yang satu ini sebagai kebutuhan pentingnya, salah satu penggunaan vitalnya yaitu sebagai sumber tenaga untuk menghidupkan starter kendaraan tersebut.

Aki atau baterai ini berfungsi sebagai penyimpanan energi, energi yang didapatkannya bisa dari berbagai macam sumber seperti solar panel atau yang paling umum yaitu dari aliran listrik rumahan yang tentunya sudah turunkan terlebih dahulu tegangannya sedikit diatas tegangan aki atau baterai yang akan diisi atau dicas.

Baca juga : Cas Aki Otomatis | Adjustable Automatic Charger

Proses pengisian aki atau baterai ini durasinya tergantung dari besarnya arus yang diberikan, makin besar arusnya maka makin cepat pengisiannya begitupun sebaliknya, pengisian dengan arus besar ini dinamakan fast charging. namun apabila pengisian lebih sering menggunakan arus yang besar dikarenakan menginginkan durasi pengisian yang cepat maka usia pakai aki atau baterai akan menurun, untuk itu lebih disarankan arus pengisian aki atau baterai adalah  1/10 dari kapasitas aki atau baterai itu sendiri. misalnya untuk aki atau baterai berkapasitas 5AH maka arus pengisiannya sekitar 500mA, ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa penuh namun usia pakai aki atau baterai akan lebih awet dibandingkan dengan metode fast charging diatas.

Proses pengisian aki atau baterai ini tidak boleh melebihi batas maksimal pengisian, jika dibiarkan terus menerus setelah aki atau baterai ini mencapai batas maksimal pengisiannya maka aki atau baterai akan panas dan menghasilkan gelembung-gelembung gas (aki basah) ini lama kelamaan akan merusak sel-sel dari aki atau baterai itu sendiri, untuk itu diperlukan suatu alat yang dapat memutus tegangan ketika proses pengisian atau pengecasan telah mencapai batas maksimal pengisian yang telah ditentukan.

Rangkaian Cas Aki Otomatis
Rangkaian Cas Aki Otomatis

Pada artikel sebelumnya saya telah membuat dua artikel yang membahas pembuatan alat tersebut yang berfungsi sebagai pembatas pengecasan, mulai dari cas aki otomatis cut off sederhana hingga cas aki full otomatis.

Cas aki otomatis cut off sederhana yaitu hanya bertugas memutus tegangan ketika batas maksimal pengecasan tercapai namun karena kesederhanaannya, rangkaiannya pun juga sederhana dan saya yakin siapa saja bisa membuatnya.

Diartikel yang kedua yaitu cas aki full otomatis seperti rangkaian pertama namun pada rangkaian yang kedua ini ditambahkan fungsi lainnya yaitu ketika tegangan aki atau baterai turun atau berada pada level tegangan batas bawah yang telah ditentukan maka rangkaian ini akan otomatis memulai pengecasan.

Kedua rangkaian tersebut baik skema, layout hingga versi siap cetak format PDF bisa dilihat dan didownload pada artikel ini:

Cas Aki Otomatis Cut Off atau versi Cas Aki Full Otomatis

Agar tidak penasaran saya tampilkan kembali video praktek untuk Cas Aki Otomatis Cut Off
dibawah ini


Sedangkan dibawah ini adalah video untuk Cas Aki Full Otomatis atau Automatic Battery Charger


Itulah rangkaian proteksi atau pencegah aki/baterai dari kelebihan pengisian sehingga aman tanpa khawatir aki/baterai cepat rusak.

Namun selain itu pemakaian aki atau baterai yang berlebihan hingga kapasitas aki atau baterai mencapai batas kritis yang direkomendasikan juga akan mengakibatkan aki/baterai mudah rusak atau disebut deep discharging.

Penggunaan aki atau baterai seperti ini sering tidak terkontrol kala digunakan untuk penerangan darurat atau  inverter yang belum dilengkapi proteksi dan lain-lain.

Untuk itu perlu juga adanya sebuah rangkaian proteksi aki atau baterai yang akan memutuskan arus dari aki atau baterai menuju beban yang bernama Low Voltage Disconnect atau disingkat LVD.

Untuk rangkaian LVD ini sudah saya bahas pada artikel ini
Membuat Low Voltage Disconnect. lengkap dengan skema dan layout siap cetak format PDFnya.

Dan inilah video prakteknya.

5 Comments

gan request cas aki/baterai 12 v dari trafo bekas ups prolink....

Mas Dioda bridge bisa Di ganti Yang 4 Atau 5A

Dioda Bridge Bisa Di ganti Ampre Yang Lebih besar??

Sama Dioda Zener bisa Di ganti 5v Ampre beda bisa kah


EmoticonEmoticon