Minggu, 02 Oktober 2022

Membuat Atmega Soldering Station T12

 Pada saat saya browsing dan membuka github dari github nya Stefan Wagner (Wagiminator), disana banyak proyek-proyek yang sangat menarik dan tentunya open source maupun hardware yang menarik perhatian saya yaitu proyek yang bernama Atmega Soldering Station T12. Pada proyek Atmega Soldering Station T12 tersebut sudah sangat lengkap mulai dari hardware, file eagle, file gerber sampai source code berbagai versi serta ada folder source code yang dikembangkan oleh pengguna lainnya yaitu Createskyblue untuk tampilan yang lebih atraktif, semua itu hanya tinggal download saja.


ATmegaSolderingStation(UI by Createskyblue)
ATmegaSolderingStation(UI by Createskyblue)

ATmegaSolderingStation(Original)
ATmegaSolderingStation(Original)

ATmegaSolderingStation(SMD Parts)
ATmegaSolderingStation(SMD Parts)

Hardware yang tersedia semua komponennya memakai komponen yang berjenis SMD sehingga dimensinya menjadi lebih kecil mungil namun bagi saya karena belum mempunyai persediaan komponen SMD yang lengkap maka saya tertarik untuk mendesain ulang layoutnya dengan memakai komponen DIP dan Through Hole sesuai ketersediaan komponen yang saya miliki, namun komponen utamanya yaitu gagang solder station T12 nya masih belum ada dan akhirnya rencana membuat layout PCB Atmega Soldering Station T12 pun tidak terealisasi atau tertunda entah sampai kapan.


Pada suatu ketika setelah rencana tadi jauh lamanya dan sudah tidak ada niatan lagi dan nyaris lupa sama sekali tiba-tiba ada pesan di dalam inbox sebuah media sosial yang menanyakan jasa layout PCB yang setelah saya tanyakan katanya bisakah membuat sebuah layout PCB menggunakan komponen IC DIP, dengan menunjukkan tautan menuju github Atmega Soldering Station T12 tadi, saya bilang bukankah didalam tautan github tersebut sudah sangat lengkap hingga tinggal praktek saja, ternyata sama seperti saya sebelumnya yang menginginkan dibuatkan layout menggunakan komponen DIP, hemm 🤔 kebetulan sekali meskipun seperti yang saya sebutkan diatas yaitu saya belum mempunyai gagang solder station T12 namun semangat membuat layout PCB dari Atmega Soldering Station T12 itu kini semakin mantap dibuatkan, akhirnya dibuatlah layout PCB Atmega Soldering Station T12 versi komponen SMD dan Through Hole yang dimensinya masih tetap diusahakan sekecil mungkin namun dengan tataletak panel OLED dan Rotary Encoder disusun secara berlawanan dari versi aslinya karena saya beranggapan bahwa Rotary Encoder lebih enak diletakkan disebelah kanan karena dioperasikan menggunakan tangan kanan kemudian bagian display OLED berada di sisi kiri dari Rotary Encoder.


Baca juga : Cara Membuat Transistortester atau Component Tester OLED SD1306


Singkat cerita layout PCB Atmega Soldering Station T12 telah selesai dan sudah saya konversikan menjadi file gerber agar suatu saat nanti bisa langsung diupload ke jasa fabrikasi pcb profesional jika ingin mencetaknya, pada saat saya mencoba sebuah folder source code Atmega Soldering Station T12 yang telah dikembangkan oleh pengguna lainnya, saya lihat tampilannya pada sebuah display OLED sangat menarik hingga membuat saya tertarik untuk mencobanya, untuk itu layout PCB dari Atmega Soldering Station T12 yang sudah selesai dibuat tadi saya akan jadikan pcbnya dengan mencetak pcb di situs PCBWay.com, karena mencetak pcb di situs PCBWay.com sangat terjangkau sekali, mencetak 5 bahkan sampai 10 keping pcb harganya hanya 5 dolar dengan bebas memilih varian warna sesuai selera kemudian proses yang cukup cepat hanya bekisar dua harian saja. Kemudian untuk pengguna baru akan mendapatkan saldo welcome bonus sebesar 5 dolar saat selesai mendaftar akun PCBWay, saldo tersebut bisa digunakan sebagai biaya cetak pcb di PCBWay. Jadi silakan daftar akun PCBWay sekarang juga melalui tautan ini.




Oke saatnya saya tampilkan layout yang telah saya desain menggunakan komponen Through Hole dibawah ini yang skemanya tetap mengikuti dari versi aslinya, meskipun menggunakan layout dual layer namun sepertinya mudah untuk ditiru. Untuk display OLED saya berikan opsi karena dipasaran ada dua macam yang susunan kakinya berbeda untuk pin power supply-nya. 

Skema Atmega Soldering Station T12
Skema Atmega Soldering Station T12 

Layout Atmega Soldering Station T12 bagian Depan
Layout Atmega Soldering Station T12 bagian Depan

Layout Atmega Soldering Station T12 bagian Belakang
Layout Atmega Soldering Station T12 bagian Belakang

Nah kan meskipun menggunakan komponen through hole namun dimensi nya tetap mungil dan tetap rapi, kamu bisa mencoba mendownload file gerber dari layout Atmega Soldering Station T12 versi through hole yang saya desain ini atau langsung mencetak pcbnya di PCBWay pada tautan ini, agar mendapatkan hasil cetak pcb yang berkualitas seperti yang saya dapatkan ini.


PCB Atmega Soldering Station T12 bagian Depan
PCB Atmega Soldering Station T12 bagian Depan

PCB Atmega Soldering Station T12 bagian belakang
PCB Atmega Soldering Station T12 bagian belakang

Setelah pcb selesai dirakit saatnya atmega328 diisi dengan program sesuai selera karena didalam direktori Atmega Soldering Station T12 ada berbagi versi software yang bisa kita coba dan tinggal upload aja ke mikrokontroller atmega328 karena sudah tersedia juga file hex nya, namun karena memakai buzzer aktif 5V yang umum dipasaran dan pin buzzer ini langsung terhubung dengan mikrokontroller atmega328 tanpa transistor penguat jadi perlu adanya perubahan delay didalam kode program nya agar buzzer ini dapat berbunyi, yang saya ubah hanya nilai delay nya yang asalnya 125 mikro second menjadi 125 mili second dan membuang for loopnya.


Setelah selesai dibuat dan setelah semuanya dipasang hasilnya seperti dibawah ini namun seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa saat ini saya belum memiliki gagang solder nya maka untuk mencoba menampilkan menu dan fungsi pada layar nya saya hanya memasang lampu pijar pada keluarannya untuk mengecek fungsi dari keluaran pwm yang akan mengontrol keluaran untuk element atau solder tip T12 nya. 


ATmega Soldering Station T12
ATmega Soldering Station T12 


Simak video pembuatan hingga testnya berikut ini. 



Untuk versi upgrade nya bisa dilihat pada halaman Upgrade Software & Hardware Atmega Soldering Station T12 

2 Comments

Pcb nya lebihnya bisa dibeli nggak gan?

saya sudah menggunakan pcb dari agan,, mantul gan ada beberapa part yang saya subtitusi dengan part yang mudah di dapatkan di pasaran dan murah, SS54 > 1N5819, FMMT619 > 2N5551, IRLR7843TRPBF > 165N10F4,, walaupun saya subtitusi dengan part itu fungsinya tetap berjalan normal dan dengan temperatur yang stabil


EmoticonEmoticon