Sabtu, 26 Februari 2022

Membuat USBASP Keren (Perbaikan)

 Pada artikel sebelumnya saya telah membuat sebuah alat yang bernama USBASP yaitu sebuah alat yang dapat membantu kita memasukkan program kedalam mikrokontroller atmega, baik atmega8, atmega168, atmega328 maupun atmega lainnya. Sudah beberapa versi layout usbasp yang telah saya desain mulai dari PCB Amatir hingga PCB Profesional, mulai dari cetak pcb sendiri, cetak di pabrik pcb lokal hingga cetak pcb profesional sudah saya lakukan. Layout usbasp versi terakhir adalah layout usbasp yang telah dilengkapi dengan zif socket agar mudah dalam melepas pasang mikrokontroller yang akan diprogram.


USBASP versi sebelum dan sesudahnya
USBASP versi sebelum dan sesudahnya

Pada versi terakhir yang menyertakan zif socket setelah beberapa lama dipakai untuk memprogram mikrokontroller melalui zif socket yang ada pada usbasp rancangan terakhir ternyata muncul kendala saat memprogramnya, kendala yang dialami adalah tidak adanya respon pada mikrokontroller target namun saat memprogram lewat minimum sistem tidak menemui kendala ini terjadi pada mikrokontroller yang sudah diatur fusebit nya menjadi eksternal clock jadi yang ada masalah adalah jalur-jalur yang ada pada zif socket yaitu dalam perancangan skematiknya saya lupa menambahkan kristal eksternal untuk mikrokontroler target jadi selain mikrokontroller yang masih default parameternya maka akan kesulitan dalam memprogramnya.


Untuk itu pada kesempatan ini saya berupaya memperbaikinya dengan menambahkan eksternal kristal untuk mikrokontroler target yang terpasang pada zif socket, penyempurnaan ini dilakukan atas mudahnya dalam mencetak pcb kualitas istimewa yang bisa dilakukan di pabrik percetakan pcb profesional yaitu situs PCBWay.com 


Pcbway.com
PCBWay.com

Karena hanya dengan biaya cetak $5 saja saya bisa mendapatkan hingga 10 keping pcb dengan berbagi pilihan warna menarik dan pelayanan terbaik disamping itu jika baru pertama kali daftar akun di PCBWay maka akan mendapatkan saldo welcome bonus sebesar $5 untuk biaya cetaknya, menarik bukan? Ayo daftar akun PCBWay sekarang juga pada tautan ini.


Welcome bonus dari PCBWay
Welcome bonus dari PCBWay 

Baik skema, firmware maupun driver dari usbasp ini bersumber dari situs Thomas Fischl https://www.fischl.de/usbasp/ kemudian saya buat layoutnya pada versi ini seperti yang disebutkan di atas saya lengkapi dengan zif socket namun sudah dengan perbaikan, jadi layout ini merupakan versi perbaikan dari versi sebelumnya atau versi final dan inilah layoutnya.


Layout USBASP AVR Programmer
Layout USBASP AVR Programmer

Setelah layout tersebut saya cetak di PCBWay.com maka hasilnya seperti dibawah ini.

PCB USBASP by Fareed Read
PCB USBASP by Fareed Read


USBASP Layout by Fareed Read
USBASP Layout by Fareed Read

Jika kamu ingin mendownload file gerber usbasp ini atau langsung mencetak pcb nya di PCBWay silakan kunjungi tautan ini


Untuk mendukung dokumentasi dari pembuatan hingga tes rangkaiannya dibawah ini sudah saya siapkan video nya, marilah kita simak sama-sama. 



1 Comments so far

ada list komponennya ? Diodanya tipe apa?


EmoticonEmoticon