Kamis, 02 Juli 2020

Membuat 32 Band Audio Spectrum Analyzer menggunakan Dot Matrix MAX7219

Membuat 32 Band Audio Spectrum Analyzer menggunakan Dot Matrix MAX7219 - Pada artikel sebelumnya saya telah membuat rangkaian audio spectrum analyzer arduino menggunakan display P10 maupun LCD 1602, keduanya memakai kode program maupun cara yang sama namun beda media penampilnya aja, disamping itu untuk menggunakannya perlu adanya aplikasi winamp yang telah terinstall dikomputer, memasang plugin dan juga usbttl sebagai jembatan koneksi antara komputer dengan arduino-nya.


audio Spectrum Analyzer Dot Matrix MAX7219
audio Spectrum Analyzer Dot Matrix MAX7219.


Untuk proyek kali ini input sinyal audio langsung disambungkan ke rangkaian, jadi lebih fleksibel tidak bergantung kepada komputer, aplikasi, plugin dan usbttl. Rangkaian tambahan hanya beberapa resistor sebagai pembagi tegangan untuk input menuju pin Analog arduino.


Baca juga : Audio Spectrum Analyzer LCD 16x2/DMD


Rangkaian ini dapat menampung sampai 32 band yang ditampilkan pada display dot matrix max7219 sebanyak 4x8 (FC16 Hardware) dan disambungkan langsung ke arduino nano dengan tambahan beberapa resistor untuk input sinyal audio, rangkaian ini dapat menampilkan beberapa mode yang bisa diubah-ubah hanya dengan satu tombol.


Rangkaian cukup mudah untuk dibuat karena tidak banyak komponen tambahan, dibawah ini saya tampilkan video percobaan yang hanya tinggal  tancap antara modul display dot matrix max7219 dengan minimum sistem atmega328.

Disini saya coba hanya menggunakan minimum sistem Atmega328 dengan tambahan beberapa komponen atau resistor pembagi tegangan. 


Universal Controller JWS atau Minimum Sistem Atmega328
Universal Controller JWS atau Minimum Sistem Atmega328.


Baca juga : Membuat Stik Tester Analyzer (PlayStation Controller Tester)


Untuk kode program, flow chart serta skemanya bisa dilihat di github Shajeebtm atau bisa juga disini.




1 Comments so far

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.


EmoticonEmoticon