Jumat, 05 Juli 2024

Pengalaman membuat PCB berkualitas di PCBWay

 Hobi saya dalam bidang elektronika dimulai sejak sekolah dasar sekitar tahun 2000an namun saat itu perkembangan teknologi dalam bidang elektronika belum sepesat seperti saat ini, zaman dulu bikin rangkaian flip-flop dan berhasil pun rasanya sangat senang sekali.  Seiring berjalannya waktu saya mulai beranjak dari yang awalnya rangkaian-rangkaian yang menggunakan transistor kemudian mencoba dengan rangkaian yang sedikit agak kompleks dengan penggunaan IC, semua rangkaian yang saya coba berasal dari buku-buku yang diterbitkan oleh penerbit yang dapat dipercaya sehingga rangkaian yang saya buat waktu itu benar-benar bekerja dan memuaskan hati saya. 


Dari hasil eksperimen-eksperimen rangkaian sederhana kemudian mulai ingin mempelajari bagaimana cara membuat PCB, agar rangkaian yang saya buat terlihat lebih tertata rapi. Untuk itu saya mulai mencoba praktek dan membeli bahan untuk membuat PCB, diantaranya yaitu PCB polos dan juga ferric chloride, eksperimen pertama waktu itu yaitu dengan membuat PCB yang jalurnya ditulis memakai spidol permanen di atas PCB polos kemudian dilarutkan dengan cairan ferric chloride sehingga jadilah sebuah PCB sederhana.


Kumpulan PCB buatan sendiri metode toner transfer paper
Kumpulan PCB buatan sendiri metode toner transfer paper
 
Saat saya sudah mulai mempelajari mikrokontroler maka pembuatan PCB sudah mulai ditingkatkan dengan adanya printer laser untuk membuat PCB dengan metode toner transfer paper, metode inilah yang saya gunakan untuk membuat PCB berbagai macam project yang semua desain layout hasil eksperimen tersebut saya publikasikan pada blog ini kemudian untuk hasilnya berupa video saya dokumentasikan di channel YouTube Fareed Clarity dan siapa sangka ternyata blog saya ini menjangkau hingga pabrik pembuatan PCB di China yaitu PCBWay.


Pada tanggal 11 Juni 2020 saya dihubungi oleh PCBWay untuk mencoba produk PCB berkualitas dari PCBWay secara gratis, saat itu perasaan bahagia pun sangat sulit diungkapkan karena untuk pertama kalinya saya diberi kesempatan untuk mencoba PCB dengan kualitas premium dan itu merupakan cita-cita saya sejak dulu, bahkan tidak menyangka bahwa saya akan mendapatkan kesempatan emas itu.


PCB pertama dari PCBWay
PCB pertama dari PCBWay 

Kontroler menggunakan PCB dari PCBWay
Kontroler menggunakan PCB dari PCBWay


Saya bergabung dan mencoba PCB pertama buatan PCBWay saat PCBWay berulang-tahun yang ke-6, sejak saat itu saya mulai intens ketika ada sebuah project yang ingin di realisasikan maka pcb-nya dicetak di PCBWay, karena di PCBWay selain kualitasnya sangat bagus biayanya juga terjangkau hanya 5 dolar untuk PCB prototype sejumlah 5 hingga 10 keping dan juga untuk layanannya sangat memuaskan.

Keuntungan lainnya yaitu ketika pertama kali daftar maka akan diberikan saldo sebagai welcome bonus untuk kita mencetak pertama kalinya di samping itu setiap ulang tahunnya maka PCBWay selalu mengadakan acara yang bisa kita ikuti bersama dengan banyak benefit yang bisa kita dapatkan diantaranya kupon diskon, exclusive badge, lucky draw, blind box dan lain sebagainya. 


Kebetulan bulan ini merupakan ulang tahun PCBWay yang ke-10 Di mana kita bisa mendapatkan benefit yang hanya bisa didapatkan setiap setahun sekali pada halaman ini.


https://www.pcbway.com/activity/anniversary10th.html


Masih ada waktu sekitar 26 hari lagi hingga berakhir pada tanggal 31 juli 2024 ini jadi segera manfaatkan kesempatan emas ini untuk mendapatkan berbagai macam benefit yang bisa kita dapatkan dari program menarik yang diadakan oleh PCBWay setiap tahunnya.


PCBWay's 10th Anniversary
PCBWay's 10th Anniversary 

My story with PCBWay
My story with PCBWay
 

Exclusive coupon
Exclusive coupon 

Exclusive badge
Exclusive badge

Map lighting
Map lighting 

Badge charity sale
Badge charity sale 

Unboxing blind box
Unboxing blind box
 
Akhir kata saya mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-10 untuk PCBWay Saya senang menjadi bagian dari PCBWay selama 4 tahun terakhir ini, semoga kedepannya bisa lebih sukses dari yang sebelumnya.

Happy 10th Anniversary 














EmoticonEmoticon