Senin, 02 September 2024

Cara Membuat Gamepad Bluetooth Untuk Android PC dan Playstation

DIY Wireless Gamepad ESP32
DIY Wireless Gamepad ESP32

Sekitar 10 tahun yang lalu saya membuat grup Facebook tentang emulator PSX dan akhir-akhir ini grup tersebut menjadi ramai sekali, sepertinya orang-orang pada nostalgia game PSX zaman dulu.

Grup Facebook ePSXe Indonesia
Grup Facebook ePSXe Indonesia


Pertumbuhan anggota aktif
Pertumbuhan anggota aktif

 Saya sebagai admin tunggal juga suka dengan game-game PSX zaman dulu maka dari itu saya membuat grup tersebut sebagai tempat berkumpulnya bagi para penyuka game PSX untuk bernostalgia karena dulu sekitar tahun 2006 Saya pernah membeli konsol PS1 yang saat itu saya membeli konsol PS1 second dengan harga sekitar Rp. 300.000-an saat gaji saya di sebuah perusahaan garmen sekitar Rp 180.000an per bulan setelah itu ternyata anak-anak di tempatku pada senang main game PS1, maka saya putuskan untuk menyewakan atau menjadikan rental game PS1 dengan biaya Rp. 1.000 per jamnya sampai akhirnya pada waktu itu hasil dari rental PS1 sudah bisa membeli sebuah ponsel yang cukup canggih pada waktu itu yaitu  ponsel Sony Ericsson K660i. 

Konsol Playstation 1 yang saya beli waktu itu ternyata masih saya simpan di gudang dan penasaran ingin mencobanya apakah masih bisa menyala? game yang akan saya coba mainkan yaitu game Resident Evil, di mana game ini pada masanya sangat populer dimainkan karena untuk alur ceritanya memang sangat menarik sekali dan sepertinya konsol PlayStation yang saya miliki ternyata masih bisa berfungsi seperti zaman dahulu, namun sayangnya untuk saat ini ketersediaan
game yang berupa keping CD memang memang benar-benar sudah tidak ada, namun jangan khawatir karena game-game PSX tersebut masih banyak tersedia backup file game-nya di website-website penyedia game Retro dengan ekstensi file berupa iso ataupun bin, diantaranya yang paling populer yaitu website emuparadise, coolrom dan CDRomance.






Selain yang saya sebutkan di atas masih banyak lagi website yang menyediakan game-game PS1 dan game dari website tersebut nantinya dapat dimainkan dengan berbagai emulator lintas platform, Sebagai contoh untuk pengguna ponsel Android dapat memainkan emulator ePSXe, FPSE ataupun Duckstation. 

ePSXe for Android
ePSXe for Android 


FPse for Android device
FPse for Android device


DuckStation
DuckStation 

Namun memang dalam memakai permainannya tidak begitu nyaman karena kita dituntut untuk menggunakan tombol pada layar sentuh tapi jangan khawatir saat ini banyak beredar di pasaran gamepad bluetooth yang dapat disambungkan dengan android atau PC yang telah terpasang emulator termasuk Dual Shock3 dan Dual Shock4.

Berbagai macam wireless Gamepad
Berbagai macam wireless Gamepad

Saya Sempat ingin membeli salah satu gamepad tersebut namun saya lebih tertantang untuk membuatnya sendiri dengan menggunakan ESP32, karena kebetulan saya ada beberapa stok ESP32 yang saya dapatkan dari giftshop nya PCBWay beberapa waktu yang lalu yang belum sempat saya pakai, di samping itu diinternet sudah tersedia project open source ESP32 BLE Gamepad yang bisa kita coba jadi kita tinggal praktekkan saja. 

Dikarenakan bahan sudah tersedia baik software maupun hardware maka dari itu saya mulai mendesain sebuah gamepad dengan bentuk yang cukup unik, tidak banyak komponen yang kita perlukan selain ESP32, 10 pushbutton, dan joystick.

skema ESP32 BLE Gamepad
skema ESP32 BLE Gamepad

Desain PCB ESP32 BLE Gamepad ukuran 129.54 x 86.36 cm
Desain PCB ESP32 BLE Gamepad ukuran 129.54 x 86.36 cm

Desain PCB ESP32 BLE Gamepad ukuran 98.99 x 99.06 cm
Desain PCB ESP32 BLE Gamepad ukuran 98.99 x 99.06 cm

Layer PCB ESP32 BLE Gamepad
Layer PCB ESP32 BLE Gamepad 

Desain PCB yang saya buat panjangnya sekitar 13 cm dengan ketinggian 8 cm namun jika diputar 45° maka ukuran dari PCB ini di bawah 10 cm² yang artinya PCB ini termasuk ke dalam jenis PCB prototype jadi ketika kita memesan PCB ini ke PCBWay maka hanya akan dikenakan tarif atau biaya cetak hanya sekitar 5 dolar saja dan kita dapat memperoleh 5 hingga 10 keping PCB dengan kualitas yang sangat bagus ditambah lagi jika kita sebagai pengguna baru atau akun baru maka akan mendapatkan saldo untuk biaya cetak sebagai bonus selamat datang di PCBWay jadi tunggu apa lagi ayo segera daftar agar mendapatkan berbagai keuntungan dari PCBWay pada tautan ini.




Berikut ini hasil cetak PCB yang telah saya terima dari PCBWay.

PCB ESP32 BLE Gamepad cetakan PCBWay
PCB ESP32 BLE Gamepad cetakan PCBWay

Kemudian selanjutnya saya mengisi komponen ke dalam PCB tersebut sesuai dengan yang dibutuhkan pada PCB tersebut sehingga hasil akhirnya menjadi seperti ini.

Hasil akhir dari ESP32 BLE Gamepad
Hasil akhir dari ESP32 BLE Gamepad 

Setelah menjadi seperti itu langkah terakhir yaitu untuk pemrograman atau mengisi firmware ESP32 BLE Gamepad ke dalam ESP32 melalui Arduino IDE, di dalam Arduino IDE kita tinggal masuk ke library manager lalu kemudian kita tinggal mencari library ESP32 BLE gamepad lalu setelah itu tinggal install saja dan kode program untuk menjalankan nya bisa di download di sini

Untuk desain PCB dalam bentuk file gerber bisa di download pada halaman share project PCBWay

Untuk langkah-langkah yang lebih detail bisa disimak pada video berikut ini.